Mengintip 179 Spesies Penghuni Cagar Alam Pangandaran, Siapa Saja Mereka?


Mengintip 179 Spesies Penghuni Cagar Alam Pangandaran, Siapa Saja Mereka?

PANGANDARAN,mypangandaran.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pangandaran menyebutkan, bahwa spesies atau jenis hewan di Cagar Alam saat ini mencapai ratusan.

Beberapa diantaranya bahkan tergolong hewan yang sangat dilindungi keberlangsungan hidupnya.

Kepala BKSDA Kabupaten Pangandaran Uking Iskandar mengatakan hewan mamalia di cagar alam ada 30 jenis, sementara Aves  (burung) sebanyak 70 jenis, ampibi empat jenis dan ikan sebanyak 75 jenis. "Total ada 179 spesies hewan di Cagar Alam," ucapnya (17/11).

Kata dia hewan-hewan yang tergolong langka atau dilindungi seperti kancil, trenggiling, tando dan jenis burung elang. "Kemudian landak juga langka, ayam hutan juga sangat langka," ucapnya.

Kata Uking, beberapa diantaranya sudah lama tidak mereka lihat, seperti trenggiling dan juga landak. "Tapi kami sempat melihatnya beberapa waktu lalu, memang yang sangat dikhawatirkan mereka jadi sasaran perburuan," ujarnya.

Menurut Uking hewan-hewan yang berada di Cagar Alam dibebas liarkan, mereka tidak diberi makan sama sekali. "Tidak ada penanganan, mereka semua dilepas bebaskan," ucapnya.

Selanjutnya, kata dia, jumlah hewan yang jumlahnya cukup banyak seperti monyet dan lutung. "Kalau hewan lutung itu hidupnya berkelompok, total ada tujuh kelompok, satu kelompoknya bisa sampai 79 ekor," jelasnya.

Salah seorang warga Pananjung Septiana (56) mengatakan, dirinya sangat tertarik dengan keberadaan hewan di Cagar Alam, salah satunya jenis hewan lutung. "Bagi saya hewan ini sangat unik, punya ekor panjang, dan pergerakan di pohon itu sangat cepat," ucapnya.(*)







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pernik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini