Tando, Satwa Langka Penghuni Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran


Tando,  Satwa Langka Penghuni Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran

Pangandaran, mypangandaran.com - Taman Wisata Alam Pangandaran atau Cagar Alam di Kabupaten Pangandaran menjadi tempat hidup aneka satwa langka yang dilindungi, banyak sekali jenis-jenis binatang atau satwa langka yang hidup di dalamnya, diantaranya adalah tando atau tupai bersayap yang bisa terbang.

Uking Iskandar, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam BKSDA Pangandaran mengatakan, area Taman Wisata Pangandaran memiliki luas 1000 hektar, kurang lebih ada sekitar 20 ekor tando hidup di Taman Wisata Cagar Alam.

“Taman Wisata yang cukup luas ini banyak sekali jenis-jenis binatang atau satwa langka yang hidup di dalamnya, diantaranya adalah tando atau tupai bersayap yang bisa terbang,” ucap Uking.

Sayangnya, kata Uking, salah satu satwa langka ini jarang menampakkan diri, apalagi saat wisatawan sedang banyak. Lanjut Uking, tupai terbang atau tando ini biasanya muncul sore hari dan tidur di pagi hari. Dia menyebut hanya orang beruntung yang bisa melihat tando di kawasan Taman Wisata Alam ini.

Tando adalah mamalia terbang bukan terbang menggunakan sayap melainkan meluncur seperti melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Hewan yang satu ini aktif di malam hari dan tidur disiang hari, mereka memakan bagian tanaman lunak seperti daun muda, tunas, bunga, dan buah-buahan.

Diutip dari halaman Wikipedia.com Tando di Pangandaran lebih dikenal nama Kubung (Cynocephalus variegatus) ini merupakan salah satu dari dua spesies anggota suku (famili) Cynocephalidae disamping Kubung Filipina (Cynocephalus volans).

Di Indonesia, Kubung dikenal juga sebagai Walangkekes atau Tando. Dalam bahasa Inggris Kubung atau Kubung Sunda disebut sebagai Sunda Flying Lemur, Malayan Flying Lemur atau Sunda Colugo. Sedangkan dalam bahasa latin (ilmiah) dinamai sebagai Cynocephalus variegatus yang mempunyai sinonim Cynocephalus variegatus.

 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pernik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini