Ngaberenong, Cara Nelayan Pangandaran Menangkap Udang Jambu


Ngaberenong, Cara Nelayan Pangandaran Menangkap Udang Jambu
Foto by Amin_Pnd

Ngaberenong merupakan istilah nelayan Pangandaran yang digunakan untuk nelayan yang menangkap udang jambu dengan alat tangkap jaring berenong.

Nelayan yang ngaberenong biasanya berangkat pada dini hari dan pulang pada pagi hari, jumlah anggota nelayan biasanya sendiri atau cukup dua orang saja.

Sarwin (36) nelayan yang kebetulan pagi hari ini baru pulang ngaberenong di Pelabuhan PPI Cikidang, kebetulan Ia berangkat melaut sendiri, saat sudah sampai di darat di bantu istri mengubit udang jambu hasil tangkapan Sarwin semalam.

Ngubit adalah istilah nelayan Pangandaran yang sering digunakan untuk mengambil ikan atau udang hasil tangkapan di jaringnya.

"Jaring berenong untuk menangkap udang jambu ukurannya adalah satu inchi, ya lumayan untuk sekali melaut saya dapat 5 sampai 10 kilogram, kalau lagi mujur bisa lebih dari itu," ungkap Sarwin.

Sarwin menambahkan saat ini harga udang jambu di Pangandaran kisaran 25 ribu sampai 30 ribu per kilogram. "Ya lumayan kang untuk menyambung hidup, asal dapur bisa ngebul," imbuh Raswin.

 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pernik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini