Unik Dan Lezat, Sate Toe Kuliner Legendaris Khas Kalipucang Pangandaran


Unik Dan Lezat, Sate Toe Kuliner Legendaris Khas Kalipucang Pangandaran
Foto by Amin_pnd

Kalipucang, mypangandaran.com - Pangandaran memang tidak akan pernah habis untuk di explore, selain tempat wisatanya ternyata Kabupaten Pangandaran memiliki kuliner begitu populer dan legendaris selain pindang gunung dan minuman jus honje.

Sate Toe (kerang totok), Makanan khas dari kecamatan Kalipucang ini belakangan sudah dikenal luas dan mulai dijajakan di rumah makan atau pedagang asongan di wilayah objek wisata Pantai Pangandaran.

Kerang totok atau toe sendiri merupakan sebutan untuk kerang kepah atau Polymesoda Erosa yaitu jenis kerang kerangan yang habitatnya berada di daerah mangrove atau pasir berlumpur. 


Awalnya sate toe hanya dijajakan di sekitar terminal kalipucang selain dijajakan secara tradisional dimana para pedagang menjual sate toe menggunakan bakul kepada para penumpang bus umum, ada juga pengendara yang sengaja membeli sambil beristirahat di sekitar rest area Kalipucang.

Salah seorang pedagang asongan sate toe di sekitar rest area Kalipucang mengatakan sate toe ini merupakan makanan khas dari Kecamatan Kalipucang dan untuk mencarinya pun tidak sulit. 

“Bahan baku toe atau totok banyak ditemui di sungai Citanduy dan di muara Majingklak, untuk harga dijual dengan harga Rp1000 rupiah per tusuk, selain toe, saya juga jualan lontong dan rempeyek," ujarnya.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pernik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini