BPBD Ciamis Menerima Bantuan EWS Tsunami


BPBD Ciamis Menerima Bantuan EWS Tsunami

Pangandaran,myPangandaran.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis akhirnya mendapatkan bantuan alat sistem deteksi peringatan dini atau early warning system (EWS) Tsunami.

Peralatan canggih yang lebih canggih dibandingkan dengan EWS di Pangandaran yang saat ini rusak, merupakan bantuan dari Badan Kerja Sama Teknik GTZ Jerman. Nantinya EWS dipasang di kawasan Pantai Batukaras, tidak jauh dari Pantai Pangandaran.

“Kami sangat bersyukur akhirnya mendapatkan bantuan sistem peringatan dini tsunami. Alat tersebut bantuan dari GTZ Jerman. Keberadaan alat canggih ini kami harapkan dapat berfungsi maksimal, sehingga dapat bekerja dengan baik,” tutur Kepala BPBD Kabupaten Ciamis, Odang R. Widjaja, Rabu (16/3).

Dia mengungkapkan peralatan yang masih dikemas dalam kardus, sedikitnya berjumlah sepuluh paket tersebut masih disimpan di gudang BPBD. Setelah semua persiapan lapangan tuntas, lanjutnya EWS segera dipasang di Pantai Batukaras yang jaraknya tidak begitu jauh dari Pangandaran.

“Untuk menunjang piranti tersebut, saat ini masih dilakukan tahap memasang rambu-rambu evakuasi jika terjadi tsunami. Pemetaan tersebut untuk memudahkan warga menyelamatkan diri,” ujarnya.

Dipilihnya lokasi pemasangan EWS di Batukaras, jelas dia, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh tim ahli GTZ. Selain menyangkut kondisi medan yang cukup strategis karena berada di tengah, juga banyak faktor pendukung lainnya. “Lokasinya agak ditengah kawasan pantai selatan Ciamis. Pertimbangan lainnya, mungkin karena sebelumnya Pangandaran sudah memiliki EWS, sehingga tidak ada dua EWS dalam satu lokasi,” tuturnya.

Selain mempersiapkan pemasangan EWS, tambah Odang, masyarakat sekitar Batukaras juga dilibatkan secara aktif dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan simulasi mitigasi bencana.(PikiranRakyat)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini