Warga Pesisir Batukaras Mengikuti Simulasi Tsunami


Warga Pesisir Batukaras Mengikuti Simulasi Tsunami

Cijulang, myPangandaran.com - Warga pesisir Pantai Batukaras di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengikuti simulasi bencana alam tsunami. Simulasi tersebut digelar oleh warga masyarakat bekerjasama dengan PMI Kabupaten Ciamis.

Pelatihan yang dikhususkan bagi warga masyarakat Pesisir Pantai Batukaras itu, dilakukan sebagai antisipasi menghadapi bencana alam tsunami serta mengenali teknik-teknik penyelamatan masyarakat saat menghadapi bencana tsunami sebenarnya.

Kepala BPBD Ciamis Odang R Widjaya menyebutkan, simulasi itu bertujuan untuk meningkatkan kesiagaan masyarakat dalam melakukan upaya pengurangan resiko atau dampak bencana dan penyelamatan diri. "Intinya, untuk memudahkan masyarakat menentukan tempat yang aman saat terjadinya bencana Tsunami," kata Odang, Rabu (16/2/2011).

Dikatakan Odang, partisipasi masyarakat dalam mengikuti simulasi tsunami ternyata sangat tinggi. Semua elemen masyarakat ikut hadir dalam simulasi ini, karena mereka paham simulasi ini sangat penting. "Mereka menyambut dan antusias mengikuti simulasi gempa bumi dan tsunami layaknya seperti kejadian yang betul-betul terjadi," papar Odang.

Kapolsek Cijulang AKP Mujiran menyebutkan, simulasi tsunami ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diikuti masyarakat pesisir Pantai Batukaras dan sekitarnya, masyarakat sekitar paham siapapun itu, tanpa kecuali harus paham dalam menentukan tempat aman saat terjadi bencana.

"Kami melihat antusias warga cukup baik. Dengan realisasi pengamanan bencana yang terorganisir dengan baik seperti ini, maka korban jiwa bisa diminimalisir," ucap Mujiran. Simulasi diawali dengan ditandai terjadinya guncangan gempa dan muncul info potensi tsunami, masyarakat di pesisir pantai diarahkan ke luar rumah menuju posko sementara, dan selanjutnya dievakuasi ke tempat aman.

Simulasi juga ditandai dengan pengecekan alat berupa sirine tanda bahaya peringatan tsunami dan penyebar luasan informasi kepada warga agar mengungsi ke tempat aman (Koran Sindo)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini