"Green Tourism" di Pengandaran Sukses Ketimbang di Thailand


"Green Tourism" di Pengandaran Sukses Ketimbang di Thailand

Pangandaran,myPangandaran.com-Proyek "green tourism" berupa efisiensi energi untuk pariwisata berkelanjutan di Pangandaran dinilai UN-WTO lebih sukses ketimbang program serupa yang dilakukan di Thailand.

"Proyek efisiensi energi untuk pariwisata berkelanjutan yang dilakukan di Pangandaran lebih berhasil ketimbang di Thailand karena beberapa sebab," kata Coordinator Consulting Unit on Tourism and Biodiversity UN-WTO, Jurgen Nauber, di Jakarta, Rabu (26/1/2011).

Menurut dia, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Pangandaran, Jawa Barat, telah lebih dahulu siap menerima proyek pariwisata berkelanjutan yang dilakukan UN-World Tourism Organization (WTO) pasca-bencana tsunami 2006. Kesiapsediaan itu, kata Nauber, yang membentuk struktur sosial yang sangat efektif untuk kemajuan pariwisata di Pangandaran.

"Ada perbedaan yang signifikan antara kontribusi masyarakat lokal di Pangandaran dengan Thailand," katanya. Di Pangandaran, keterlibatan dan kontribusi masyarakat terhadap pembangunan pariwisata daerahnya lebih besar. "Komunitas lokal dan pemangku kepentingan bekerja sama untuk terlibat dalam proyek pembangunan pariwisata berkelanjutan di Pangandaran," katanya.

Nauber berpendapat, struktur yang membentuk kesiapan dan ketersediaan masyarakat merupakan hal terpenting dalam rangka percepatan pembangunan pariwisata suatu daerah. UN-WTO membantu proyek "green tourism" berupa efisiensi energi untuk pariwisata berkelanjutan di Pangandaran senilai Rp16,9 miliar yang merupakan program lanjutan dari proyek serupa pada 2006 pasca-tsunami. Jerman menjadi negara donor dari program yang diterapkan di Indonesia dan Thailand tersebut.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini