Udang Semakin Langka di Pangandaran


Udang Semakin Langka di Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-Sebanyak 38 rumah makan seafood di kawasan wisata Pantai Pangandaran selama dua pekan terakhir sempat kelabakan menyusul terhentinya pasokan udang terutama udang dogol dan udang krosok dari Cirebon. Sementara di perairan pantai Pangandaran  sudah lima bulan para nelayan nyaris tidak mendapatkan udang setiap melaut.

"Dua minggu terakhir kami cukup kebingungan. Pasokan udang dari Cirebon terhenti, sementara hasil tangkap nelayan Pangandaran tidak bisa diandalkan, masih panceklik. Sulit ikan dan udang," ujar H Endang Ahmad Hidayat, pengelola Rumah Makan Seafood Kidang Mas di Pasar Ikan Talanca, Pantai Timur Pangandaran kepada Tribun, Kamis (20/1).

Setiap rumah makan seafood tersebut,  pada hari biasa membutuhkan rata-rata 20 kilogram udang terutama udang jenis krosok dan udang dogol. Sedangkan pada musim ramai pengunjung seperti pada liburan tahun baru lalu setiap rumah makan seafood membutuhkan rata-rata satu kuintal udang per hari. Udang menduduki urutan tertinggi dari permintaan konsumen seafood setelah itu kepiting, cumi-cumi dan berbagai jenis ikan laut lainnya.

Menyusul masa panceklik yang sudah berbulan-bulan melanda perairan Pangandaran para pengelola rumah makan seafood di Pantai Pangandaran ini terpaksa mendatangkan udang dari Cirebon dan Indramayu, namun ternyata kini pasokan terhenti. "Katanya nelayan di pantai utarajuga tidak berani melaut karena cuaca buruk dan badai," kata Endang.

Terhentinya pasokan udang dari Cirebon membuat para pengelola rumah makan seafood di Pangandaran terpaksa mengandalkan udang hasil tangkapan nelayan Pangandaran yang jumlahnya sangat terbatas, jenis dan ukurannya juga sangat beragam.

"Jumlahnya sedikit, tapi harganya mahal. Biasanya udang krosok harganya Rp 25.000 per kg, sekarang naik jadi Rp 45.000 per kg. Itu pun barangnya susah. Harus berani menunggu nelayan yang nekat melaut. Hasilnya kadang tidak seberapa," ujarnya.

Namun demikian, Endang  sedikit tenang karena wisatawan yang datang ke Pangandaran tidak sepadat saat liburan tahun baru lalu. Meski begitu, tiap hari ada saja pengunjung yang mampir ke restorannya. ( Sumber TribunJabar)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini