Pendapatan Pantai Pangandaran Capai Rp1,7 Miliar


Pendapatan Pantai Pangandaran Capai Rp1,7 Miliar

Pangandaran,myPangandaran.com-Pendapatan dari objek wisata pantai Pangandaran di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tercatat mencapai Rp1,7 miliar. Namun pendapatan asli daerah ini tidak memenuhi target sebelumnya yakni raihan uang Rp1,8 miliar dalam setahun.

"Pendapatan sebesar itu merupakan pendapatan bulan Desember sebesar Rp203,2 juta ditambah pendapatan sebelas bulan sebelumnya Januari-November sebesar Rp1,503 miliar," kata Muhlis, Sabtu, 8 Januari 2011.

Melihat capaian itu, lanjut Muhlis, artinya target PAD hanya terpenuhi sebesar 90.7%. Namun, sekalipun target PAD Pangandaran tahun ini kembali tidak tercapai, dibanding tahun sebelumnya pendapatan obyek wisata ini mengalami peningkatan. "Tahun lalu, berdasarkan catatan yang ada target PAD hanya terealisasi sebesar 90%, sedangkan tahun ini naik 0,7% menjadi 90,7%," jelasnya.

Muhlis mengakui, libur akhir pekan ataupun libur panjang, kawasan Pantai Pangandaran selalu dibanjiri pengunjung. Namun, tidak semua wisatawan yang datang kesana membeli tiket. "Bayangkan saja, dari puluhan ribu wisatawan yang menyemut di Pantai Pangandaran pada pergantian malam tahun baru saja, ternyata yang tercatat membeli tiket hanya 42.209 orang," jelasnya.

Muhlis menyebutkan, salah satu kendala dalam merealisasikan PAD sesuai target, yakni masih berbaurmya pemukiman penduduk dengan kawasan wisata. Sehingga, banyak warga yang mengaku pribumi dan tidak mau membeli tiket. Selain itu, masih banyak pintu alternatif masuk Pangandaran yang kerap digunakan wisatawan nakal. "Sehingga banyak wisatawan yang lolos dari kewajiban membayar tiket," sambung dia.(Sumber OkeZone)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini