Hajat Laut di Gelar di Pantai Pangandaran Hari Ini


Hajat Laut di Gelar di Pantai Pangandaran Hari Ini

Pangandaran,myPangandaran.com-Hajat laut yang merupakan perayaan tahunan para nelayan dalam rangka bersyukur atas semua hasil yang diberikan laut digelar hari ini, Acara rutin yang juga agenda pariwisata ini akan digelar di Pantai Timur Pangandaran.  Acara ini ditandai dengan dibawanya sesaji yang ditaruh di tiga jampana dibawa ke tengah laut dan ditenggelamkan di tengah lautan. Lokasinya dekat perairan Batu Layar, atau sekira lima mil laut dari Pantai Timur Pangandaran.

Ratusan perahu dengan berbagai warna dan ornamen ditambah dengan berbagai umbul-umbul ikut mengiringi perahu pengangkut joli atau dongdang yang berisi bermacam sesaji dalam kegiatan syukuran atau hajat laut ini. Kegiatan acara ini sudah dilakukan secara turun-temurun, dan menjadi ajang silaturahmi antar nelayan. Sekaligus juga sebagai langkah ikut melestarikan kebudayaan masyarakat nelayan.

Biasanya, acara ini digelar satu bulan penuh diawali dengan perlombaan maupun ketangkasan di laut. Menjelang puncak acara digelar ruatan wayang golek dan dangdutan khas pesisir.

Lihat Semua Galeri Photo







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini