Sampah di Pangandaran Naik 3 Kali Lipat


Sampah di Pangandaran Naik 3 Kali Lipat

Pangandaran,myPangandaran.com-Tumpah ruahnya puluhan ribu orang yang merayakan pergantian tahun di objek wisata Pangandaran Jumat- Sabtu-Minggu lalu tidak hanya menghasilkan retribusi karcis Rp 80 juta,  tetapi juga menyisakan tumpukan dan serakan sampah.

“Volume sampah naik tiga kali lipat dari liburan hari biasa,” ujar Kabid Kebersihan Dinas Ciptakarya Ciamis, Rahlan SH kepada Tribun Selasa (4/1).Pada hari liburan biasa kata Rahlan, volume sampah di Pangandaran cukup diangkut tiga truk sampah kapasitas 6 kubik sekali angkut dengan rit angkut sebanyak tiga kali per truk tiap hari.

Namun selama dua hari liburan tahun baru kemarin kata Rahlan, tiga truk yang disiagakan cukup kewalahan sehingga ditambah dua armada bantuan dari Ciamis. Lima truk sampah tersebut beroperasi masing-masing lima rit bolak balik mengangkut sampah dari TPS objek wisata ke lokasi pembuangan sampah akhir (TPA) di Purbaratu.

“Volume sampah naik tiga kali lipat dari liburan biasa. Liburan tahun baru kemarin sekitar 768 kubik sampah diangkut tiap hari ke TPA,” ujar Rahlan.Mengantisipasi berserakannya sampah selama padatnya pengunjung tahun baru tersebut kata Rahlan pihaknya tidak hanya mengandalkan 6 TPS bak tembok dan 9 TPS container yang dipasang di lokasi strategis di pantai barat dan pantai timur, tetapi juga mengerahkan 25 pasapon (petugas kebersihan) untuk memungut sampah yang berserakan di pasir pantai.

“Tugas kami sebenarnya hanya yang disekitar jalan, tetapi karena di kawasan pasir pantai belum jelas pihak yang bertanggungjawab, kami pun mengerahkan petugas,” kata Rahlan.

Dari ribuan kubik sampah yang dihasilkan dari kegiatan semaraknya tahun baru di Pantai Pangandaran tersebut kata Rahlan 75% merupakan sampah anorganik berupa plastik, botol air mineral, cangkang atau bungkus makanan, kantong keresek. “Kondom juga ada,” ujarnya. (Sumber TribunJabar)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini