Pedagang Desak Pemkab Ciamis Bangun Kembali Pasar Pangandaran


Pedagang Desak Pemkab Ciamis Bangun Kembali Pasar Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-Ratusan pedagang Pasar Pangandaran, Ciamis, mendesak Pemkab Ciamis untuk segera merenovasi atau membangun kembali Pasar Pangandaran. Alasannya, pasar yang ada sekarang, sudah tidak layak lagi digunakan.Wagiman (50), seorang pemilik kios mengatakan, Pasar Pangandaran yang berdampingan dengan Terminal Pangandaran sudah sangat mengkhawatirkan kondisinya. Kayu di setiap kiosnya sudah lapuk, bahkan tembok kios pun umumnya sudah mengelupas.

Fasilitas lainnya pun seperti drainase sudah tidak berfungsi. Akibatnya, jika turun hujan, pasar menjadi becek, bukan hanya di luar pasar, tetapi juga di dalam kios, karena air hujan tidak mengalir ke saluran pembuangan yang ada.“Karena itu, saya berharap sekali Pemkab Ciamis segera membangun Pasar Pangandaran agar lebih refresentatif dan berani bersaing dengan minimarket yang kini bermunculan di Pangandaran,” kata Wagiman.

Arman (41), pedagang lainnya mengatakan, jika Pasar Pangandaran dibiarkan terus, Pasar Pangandaran tidak akan bisa bersaing dengan pasar modern seperti minimarket yang kini bak jamur di musim hujan di Pangandaran dan sekitarnya. Hal itu terjadi, karena pembeli akan lebih banyak datang untuk berbelanja ke mini market, dengan alasan kenyamanan.

Dilihat dari harga, kata Arman, harga barang di pasar tradisional dan minimarket sebenarnya tidak jauh berbeda, malah terkadang murah di pasar tradisional. "Sayangnya, karena suasana di pasar tradisional tidak nyaman, pembeli sekarang banyak menghindari pasar tradisional,” ujarnya. Ketua Pedagang Tradisional Kab. Ciamis, yang juga Ketua Koperasi Pasar Pangandaran, Supratman, B.Sc. saat dikonfirmasi membenarkan soal adanya tuntutan dari pedagang Pasar Pangandaran tersebut. Karena desakan tersebut, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian UMKM soal harapan tersebut.

Hasilnya, kata dia, kementerian terkait sangat responsif karena menyadari Pasar Pangandaran merupakan bagian dari kegiatan pariwisata Pangandaran yang tengah manjadi program prioritas. “Mudah-mudahan saja akhirnya Pasar Pangandaran yang refresentatifi bisa segera terwujud,” kata dia. Berdasarkan catatan, Pasar Pangandaran dibangun pada tahun 1988, beberapa puluh tahun lalu. Setelah dibangun sampai sekarang, belum sekalipun mengalami renovasi besar kecuali perbaikan-perbaikan kecil. Jangan heran jika kondisinya sudah sangat memprihatinkan. ( Sumber PikiranRakyat )



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini