65 Pembalap Berebut Masuk Timnas SEA Games


65 Pembalap Berebut Masuk Timnas SEA Games

Pangandaran,myPangandaran.com-Sebanyak 65 pembalap dari 13 tim berebut tiket masuk tim nasional (timnas) yang akan diturunkan pada SEA Games 2011 mendatang dalam So Nice Tour de Jabar 2010.

Manajer timnas PB ISSI Denny Gumulya di Subang, Minggu mengatakan, dari 65 pembalap itu nantinya akan diambil 10 pembalap tercepat dan mampu memenuhi indikator yang telah ditetapkan oleh panitia.

"10 pembalap itu terdiri dari lima pembalap di bawah 25 tahun dan lima pembalap di atas 25 tahun," katanya di sela pertemuan para manajer dengan peserta So Nice Tour de Jabar 2010.

Menurut dia, rute yang digunakan untuk seleksi timnya ini tidak masuk dalam penilaian selayaknya lomba pada umumnya. Khusus untuk rute seleksi hanya diikuti oleh pembalap lokal tanpa pembalap asing.

Rute yang dipersiapkan untuk seleksi ini sejauh 70 km dan mengambil start di Subang selanjutnya Pagaden-Subang-Cagak-Ciater dan finis di Pintu Masuk Tangkuban Perahu.

"Rute yang akan dilewati pembalap cukup menantang dan didominasi dengan tanjakan. Kami yakin kemampuan individu pembalap akan terlihat di sini," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, setelah lolos dari seleksi ini maka pembalap yang dinyatakan lolos akan menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas). Hanya saja pada pelatnas ini juga diberlakukan sistem promosi dan degradasi.

Untuk menentukan siapa pembalap yang promosi dan degradasi, kata dia, pihak ISSI akan melakukan evaluasi per dua bulanan. Evaluasi dilakukan berdasarkan rapor pembalap selama menjalani pelatnas.

"Selama pelatnas, pembalap akan dipantau dengan ketat. Jika tidak memenuhi kualifikasi yang ditetapkan maka akan digantikan dengan pembalap yang lain," kata petinggi perusahaan So Nice itu.

Sementara itu, Ketua Pengprov ISSI Jawa Barat, Engkos Sadrah mengatakan, So Nice Tour de Jabar 2010 terbagi atas empat etape dan satu etape khusus untuk seleksi timnas. Tour tahun ini merupakan yang pertama sejak vakum selama lima tahun.

"Terakhir kejuaraan ini tahun 2005. Ada beberapa kendala yang terjadi di antaranya adalah kurangnya sponsor yang mendukung kegiatan ini," katanya saat dikonfirmasi.

So Nice Tour de Jabar 2010 terbagi atas empat etape yang dilombakan serta satu etape khusus untuk seleksi. Untuk penilaian akan dimulai di etape I hingga etape IV.

"Mulai etape pertama ini tim asing juga masuk dalam penilaian. Selanjutnya sama dengan balapan pada umumnya hingga akhir perlombaan," kata Kabid Hubungan Luar Negeri PB ISSI, Eva Chatarina.

Khusus etape I terbagi dua pemberangkatan. Pemberangkatan pertama dari Kota Baru Parahyangan Padalarang-Cimahi-Raja Mandala-Cianjur-Gek Brang dan finis di Kota Sukabumi sejauh 70 km dan pemberangkatan kedua dari Kota Sukabumi-Cikembar dan finis di Pelabuhan Ratu sejauh 110 km.

Untuk etape dua rute yang akan dilalui adalah Pelabuhan Ratu-Canghegar-Lembursitu-jln Raya Pelabuhan Ratu-Cikembar-Lembursitu-Baros-Cisaat-Gek Brong-Pasir Hayam dan finis di Cianjur sejauh 90 km. Selanjutnya seluruh pembalap ditransfer menggunakan kendaraan menuju Garut.

Selanjutnya dari Garut pembalap menempuh etape tiga melalui Singaparna-Kota Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Bajarsari-Kalipucang dan finis di Pangandaran sejauh 170 km. Untuk etape terakhir akan melintasi Tol Pantai Pangandaran-Banjarsari-PP sejauh 80 km.

Adapun tim yang akan berlaga dalam So Nice Tour de Jabar 2010 adalah Putra Perjuangan, Binong Baru, Dodol Picnic Garut, Bintang Selatan, Sinar Sentosa, Kabupaten Bogor, CMG-SM Bogor, BAT Cycling Team dan Mandiri Cycling Team (keduanya belum registrasi terakhir), CUstoms Cycling Club, Tirta Cycling Team, United Bike Kencana dan ISSI DKI Jakarta. (BolaNet)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini