Mancing di Tirta Jaya Mengasyikan


Mancing di Tirta Jaya Mengasyikan

Sidamulih, myPangandaran.com - Karang Tirta di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih akhir-akhir ini mulai diserbu pehobi mancing. Maklum saja, di kawasan yang dulu terkenal sebagai lokasi syuting itu, kini berderet tempat pemancingan milik warga. Jadi, usai menikmati alam muara, wisatawan bisa memancing di kolam.

“Alhamdulillah, sekarang mulai banyak warga datang ke sini. Selain bersantai menikmati kawasan muara, mereka datang untuk memancing atau sekadar makan bersama keluarga,” tutur Hendi Sumawijaya, salah seorang pemilik rumah makan dan kolam pemancingan Tirta Jaya, kemarin.
Sejak kolam pemancingan miliknya dibuka untuk umum --sekitar satu bulan lalu--, kata dia, pemancing mulai banyak yang datang. Biasanya, pemancing banyak berdatangan saat hari minggu.

“Hari libur di sini paling ramai. Warga yang datang bukan hanya dari Sidamulih. Namun banyak juga warga di luar Sidamulih seperti Pangandaran, Parigi, Kalipucang. Dari luar kota juga ada,” terang pria yang juga anggota Polsek Pangandaran berpangkat aiptu itu.
Hendi menjelaskan aturan mancing di kolam seperti pada umumnya. Selain bisa membawa pulang ikan hasil mancing, para peserta berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari pengelola.“Kami menyebutnya kilo gembrus. Jadi peserta cukup membeli ikan untuk daftar. Kemudian ikan yang dibeli dimasukan ke kolam pemancingan,” jelasnya.

Para pemancing, kata dia, diberikan waktu dua jam untuk “memainkan” kail. Setelah itu, pengelola akan menghitung jumlah penghasilan mereka untuk menentukan juara. “Sekadar hiburan, kami siapkan hadiah menarik. Peserta dijamu dengan nasi liwet dan ikan goreng,” ungkapnya.
Agar bisa memancing di kolam, setiap peserta cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 50 ribu untuk membeli dua kilogram ikan mas. Selanjutnya, puluhan kilogram ikan --sesuai dengan jumlah peserta mancing-- akan dimasukan ke dalam kolam.

Dani, salah seorang pemancing warga Parigi menuturkan, senang memancing di Karang Tirta. Menurut dia, memancing di Karang Tirta benar-benar bisa menghilangkan kepenatan karena lokasinya yang sangat bagus.“Di sini nggak hanya ada kolam pemancingan, tapi juga ada tempat rekreasi alam, bisa ke kawasan hutan atau ke muara yang pemandangannya sangat bagus. Jadi, benar-benar bisa liburan,” kata dia.
Untuk diketahui, kawasan Karang Tirta merupakan salah satu obyek wisata di Ciamis Selatan. Di kawasan ini, selain memancing, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti bersampan, berkemah atau kegiatan out bond.

Saat ini, kawasan yang memiliki hutan kecil bernama Leuweung Nusa itu masih tak terawat. Pintu gerbang dan jalan menuju lokasi tersebut tidak mudah dikenali wisatawan. Namun wisatawan tidak usah khawatir, rumah makan dan pondok wisata untuk menginap tersedia di sana. Di sana tidak ada loket pintu masuk. Makanya, wisatawan dapat dengan mudah menuju lokasi Karang Tirta yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Kecamatan Pangandaran menuju arah Kecamatan Cijulang, tepatnya di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih. (RadarTasikmalaya)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini