PPI Hampir Selesai, Cikidang Belum Dinormalisasi


PPI Hampir Selesai, Cikidang Belum Dinormalisasi

Pangandaran,myPangandaran.com-Ribuan nelayan di Pangandaran mempertanyakan upaya normalisasi mulut muara Sungai Cikidang yang dijanjikan pemerintah ketika akan membangun Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI). Pasalnya, hingga sekarang normalisasi mulut sungai tersebut, belum juga dilakukan.

“Kalau tidak salah dengar dari pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Ciamis, bersamaan dengan dibangunnya PPI, pemerintah akan melakukan normalisasi Cikidang. Namun ternyata, sungai Cikidang tetap seperti dulu, mulutnya sempit,” kata Narta (41), nelayan Pangandaran asal Cilacap, Jawa Tengah Minggu (14/11).

Yani (39), nelayan lainnya menambahkan, berdasarkan informasi yang diterima dari para pekerja yang menggarap PPI, pelabuhan sekarang dalam tahap penyelesaian akhir. Akhirnya, PPI itu akan segera diresmikan penggunaannya oleh pemerintah. Nelayan pun akan segera menggunakan pelabuhan tersebut. Akan tetapi, yang jadi pertanyaannya, kenapa janji pemerintah untuk melakukan upaya normalisasi muara Cikidang tidak juga dilakukan?

“Memang, setelah pelabuhan selesai, nelayan tidak akan memarkir perahu di muara Cikidang lagi karena dipindahkan ke pelabuhan. Namun, janji normalisasi harus tetap dilakukan,” kata Narta.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua HNSI Kab. Ciamis M. Yusuf mengaku sering mendapat pertanyaan dari para nelayan soal normalisasi Cikidang seperti dijanjikan pemerintah. Namun ia tidak bisa memberikan jawaban yang memuasakan para nelayan. “Tetapi saya yakin, pemerintah tidak akan lupa soal itu,” ujarnya.

Yusuf menjelaskan, saat PPI akan dibangun, memang Pemkab Ciamis sepakat akan melakukan normalisasi mulut Cikidang yang sudah lama tidak tersentuh perbaikan walau menyempit. Normalisasi itu akan membantu nelayan yang akan mendaratkan perahunya sehabis melaut. Rencana itu sangat ditunggu realisasinya oleh ribuan nelayan Pangandaran.

Sayangnya, kata Yusuf, setelah PPI dibangun selama lebih dari dua tahun, normalisasi tidak juga dilakukan. Akibatnya, kondisi muara Cikidang semakin parah karena air pasang yang sering terjadi, leluasa masuk dan menyebabkan abrasi serius. Suatu ketika, Tempat Pelelangan Ikan pembantu milik KUD Minasari bahkan pernah tergerus dan nyaris rubuh, hingga mempersulit nelayan yang akan melaut.

Yusuf tidak tahu alasan Pemkab Ciamis menunda upaya normalisasi Cikidang itu. “Tapi saya yakin, Pemkab Ciamis akan mendengarkan keluhan nelayan Pangandaran. Normalisasi akan segera dilakukan. Apalagi karena pelabuhan sepertinya tidak akan bisa dimanfaatkan secepatnya walau pembangunannya segera selesai,” kata Yusuf.

Hingga berita ini disusun, belum ada pejabat Pemkab Ciamis yang berhasil dibuhungi. Wakil Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin yang kemarin coba dihubungi “PRLM” pun tidak berhasil dihubungi. Namun sebelumnya, dalam sebuah kesempatan, Iing pernah menyampaikan soal upaya normalisasi Cikidang tersebut.

Sementara itu, berdasarkan pantauan , PPI Pangandaran yang dibangun sejak sekira dua tahun lalu saat ini sudah memasuk tahap penyelesaian akhir. Hal itu disampaikan Yanto, seorang pengawas dari perusahaan tertentu. “Sekarang sudah hampir finish,” ujarnya.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini