Sedang Diteliti Khasiat Makanan Monyet untuk Obat


Sedang Diteliti Khasiat Makanan Monyet untuk Obat

Pangandaran,myPangandaran.com-Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran(Unpad) sedang melakukan penelitian tentang tanaman yang menjadi makanan primata untuk mendapatkan khasiat yang bisa digunakan kepada manusia.

"Kami melakukan penelitian tentang tanaman yang menjadi makanan primata untuk mendapatkan khasiat yang bisa digunakan kepada manusia seperti penyakit kanker," kata Dekan Fakultas Farmasi Unpad Anas Subarnas, di gedung Graha Sanusi Unpad, kawasan Dipati Ukur, Bandung, Jumat.

Anas yang ditemui dalam acara International Seminar and Expo on Jamu 2010, mengatakan, penelitian diarahkan kepada obat antikanker dan bekerjasama dengan peneliti dari luar negeri seperti Jepang.Menurut Anas, primata tidak memakan obat tetapi memakan tumbuh-tumbuhan saja yang bisa membuat mereka sembuh ketika sakit.

"Penelitian saat ini difokuskan kepada kanker karena sampai saat ini obat yang ada masih belum efektif," kata Anas. Selanjutnya, kata Anas, ada 45 tanaman yang dimakan primata sedang dilakukan penelitian yang lokasinya berada di kawasan Pangandaran, Jawa Barat.

Anas mengungkapkan, ada 14 tanaman yang terlihat bagus sampai saat ini dan akan dilanjutkan ke tahap yang lebih lanjut contohnya seperti tanaman Puspa. "Proyek penelitian tanaman yang dimakan primata dimulai pada tahun 2010 dan akan berlangsung kurang lebih selama 3 tahun," kata Anas.

Selanjutnya, Anas mengungkapkan, akan melakukan penelitian selanjutnya di laboratorium yang ada di Jepang karena fasilitasnya lengkap tetapi ide dan bahannya berasal dari Indonesia. Menurut Anas, dana yang ada untuk pelaksanaan penelitian berasal dari Pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi(Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional(Kemendiknas).

"Saat ini Farmasi Unpad telah memiliki banyak temuan penelitian tanaman obat mulai dari diabetes, kanker, asam urat, reumatik, dan lainnya," ungkap Anas (TribunNews)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini