Abu Merapi Kembali Capai Priangan Timur


Abu Merapi Kembali Capai Priangan Timur

Padaherang, myPangandaran.com - Abu letusan Gunung Merapi sudah mencapai sebagian wilayah Priangan Timur, Jawa Barat. Hari ini, hingga pukul 07.00 WIB, rumah-rumah  di wilayah Kota Tasikmalaya memutih tertutup abu. Kondisi cuaca yang cukup cerah menyebabkan turunnya abu terlihat jelas. “Sejak tadi malam warga sudah ramai ada debu Merapi,” ujar Iyah Malkiyah, 45 tahun, warga Cikadongdong, Mangkubumi, Kamis (4/11).

Abu Merapi juga terlihat di langit  Singaparna,  ibu kota yang baru bagi Kabupaten Tasikmalaya.  Bupati Tasikmalaya Tatang Farhanul Hakim mengimbau warga untuk menggunakan masker agar tidak terserang penyakit. “Paling tidak waspada untuk jaga-jaga, kalau-kalau debu bertambah banyak,” ujar Tatang.

Begitu juga yang terjadi di Kota Banjar.  “Berdasarkan pantauan saya, tadi pagi di sekitar alun-alun Banjar masih terlihat abu tipis,” ujar Kukun, warga setempat. Bahkan abu terasa  perih bila kena mata.

Di  wilayah Ciamis selatan, seperti Padaherang dan Kalipucang yang berdekatan dengan pantai Pangandaran, beberapa warga sempat memberhentikan kendaraannya karena helm mereka tertutup abu.  “Kaca helm tertutup abu, pandangan saya terhalang," ujar Maman, warga Padaherang. “Beberapa kendaraan yang melintas saya lihat bagian kaca depannya kotor.”

Abu juga jatuh di lahan pesawahan milik warga sehingga mengotori sebagian besar tanaman padi milik warga.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini