Banjir Surut, Berkah Bagi Para Pemancing


Banjir Surut, Berkah Bagi Para Pemancing

Kalipucang, myPangandaran.com - Banjir yang menggenangi areal pesawahan dari Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang hingga Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang, sejak satu bulan terakhir, kini mulai surut.  Selain membuat petani bernafas lega, kondisi tersebut membawa berkah bagi pemancing. Pasalnya, surutnya debit air di areal pesawahan itu membuat ikan mudah didapat.

“Alhamdulillah sekarang kalau mancing dapatnya lebih banyak. Banjir mulai surut, jadi mancingnya lebih mudah,” tutur Erwin (36), pemancing asal Dusun Nagrak RT 02/01 Desa Karangsari Kecamatan Padaherang kemarin. Dalam sehari, kini dia bisa membawa pulang ikan hasil pancingan dua hingga empat kilogram. “Lumayan lah buat orang rumah kalau ada lebihnya dijual ke tetangga,” ujar dia.

Hal senada diungkapkan Kodar (37), warga Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang. Menurutnya, setelah banjir surut banyak ikan yang terjebak di kubangan-kubangan sawah. Hal ini lebih mudah untuk dipancing.  Selain itu, sambung dia, ikan juga mudah terlihat. “Sekarang saya lebih sering mancing, seminggu bisa empat kali. Soalnya banjirnya makin surut, hasil mancing juga makin banyak,” paparnya.

Sejak areal pesawahan di dua kecamatan tersebut dilanda banjir, kata dia, banyak warga yang sekadar nongkrong sampai memancing. “Kebetulan sawah yang kena banjir di pinggir jalan, jadi banyak juga yang sengaja istirahat atau nongkrong lihat sawah yang berubah seperti danau,” kata dia. Meluapnya beberapa anak Sungai Citanduy, kata dia, mengakibatkan berbagai jenis ikan dari sungai masuk ke areal pesawahan. Seperti ikan mujair, emas, nilem dan lele.(RadarTasikmalaya)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini