Citanduy Meluap, Padi Dipanen Lebih Dini


Citanduy Meluap, Padi Dipanen Lebih Dini

Kalipucang, myPangandaran.com - Ratusan hektar tanaman padi siap panen di Kecamatan Padaherang dan Kalipuncang, Ciamis, Jawa Barat terpaksa dipanen lebih dini akibat banjir luapan Sungai Citanduy dan Ciseel. Para petani memanen dengan menggunakan perahu kayu.

“Daripada saya tunggu hingga pas musim panen tiba, padi bisa puso,”ujar Dasem, 70 tahun, petani dusun Babakan Sari Desa Cigunjeng,  Padaherang, Rabu (29/9).

Luapan sungai ini diperparah dengan jebolnya dua tanggul anak sungai Citanduy yakni Sungai Ciapur dan Cirapuan yang berdekatan dengan lahan milik warga. Sehingga arus air langsung mengenangi lahan warga.

Hal yang sama dirasakan oleh Ondeh,42 tahun, petani lainnya dari desa Tunggeling, Kecamatan Kalipucang, Menurutnya akibat meluapnya sungai Citanduy bisa dipastikan tanaman padi yang masih kecil akan mengalami puso sebab tanaman padi selepas terendam biasanya jarang tumbuh kembali dan berujung pada kematian tanaman. .

Namun ia berharap, agar hujan bisa segera berhenti sehingga genangan air cepat surut. "Mudah-mudahan saja hujannya cepat berhenti,"ujarnya. “Kalau tanaman yang kecil terendam biasanya busuk dan mati.”



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini