150 Ha Sawah Terancam Puso


150 Ha Sawah Terancam Puso

Pangandaran,myPangandaran.com-Sekitar 150 hektare sawah di Blok Cihideug dan Sidamulya, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, dan Blok Kedungpalumpung, Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, berisi tanaman padi siap panen terancam busuk (puso) setelah seminggu tergenang banjir luapan Sungai Ciseel dan Sungai Citanduy.

"Kami khawatir genangan banjir ini terus meluas menyusul hujan masih turun tiap hari," ujar Aceng (35), warga Tunggilis, kepada Tribun, Senin (27/9).Genangan banjir luapan Sungai Citanduy dan anak-anaknya tersebut sepekan ini sudah merendam sekitar 100 hektare sawah di Desa Cigenjeng, Kecamatan Padaherang, dan sekitar 50 hektare yang masuk wilayah Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang. Ke-150 hektare sawah yang terendam banjir ini berada di satu hamparan luas berlokasi di sisi jalan raya Banjar- Pangandaran Km 191-Km 192 Bdg.

Ratusan hektare sawah yang terendam banjir tersebut berusia antara dua bulan sampai padi siap panen. "Banyak pemilik sawah yang terpaksa memanen padinya lebih cepat. Tapi ada juga yang tak sempat panen karena tanaman padinya sudah keburu tenggelam digenangi banjir," ujar Aceng.

Menurut Kabid Produksi Padi dan Palawija Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ciamis Ir Yayat Sudaryat, yang didampingi Kasi Serelia, Kisma Suarji, pihaknya sudah menerima laporan adanya genangan banjir yang merendam sawah warga di Desa Tunggilis seluas 45 hektare. "Laporan yang masuk hari ini baru dari Kalipucang. Ada 45 hektare sawah di Tunggilis yang terendam genangan banjir setinggi 70 cm selama dua hari terakhir. Sementara yang di Ciganjeng belum ada lapora," ujar Kisma

Sumber TribunJabar



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini