Ratusan Rumah Masih Terendam di Lakbok


Ratusan Rumah Masih Terendam di Lakbok

Pangandaran,myPangandaran.com-Musibah banjir di Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis belum berakhir. Sekitar 100 rumah di Dusun Cibodas dan Citamiang Desa Sukaratu masih digenangi air setinggi lutut orang dewasa.Sebelumnya, banjir juga merendam ratusan rumah warga di Desa Kalapa Sawit, Sukanagara, Puloerang, Kertajaya, Sukamulya, Cintaratu dan Karangpanimbal.

Kepala Desa Cintaratu Supriadi mengatakan di daerah lain mulai surut. Namun rumah di empat RT --yaitu di RT 6 dan RT 7 RW 03 Dusun Citamiang dan RT 16 dan RT 17 RW 05 Dusun Cibodas-- masih terendam. Kata dia, banjir bukan hanya disebabkan hujan deras. Namun juga meluapnya saluran air yang melintas sepanjang 2700 meter dari Dusun Citamiang hingga Dusun Cikawung. Saluran air selebar tiga meter tersebut tak mampu mengalirkan air hujan akibat pendangkalan.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa akibat banjir itu. Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 200 juta. Karena, banjir juga merusak puluhan kolam ikan milik warga dan memutuskan jalur transportasi di Lakbok. Guna menghindari banjir semakin parah dan meluas, Supriadi berharap pemerintah segera mengeruk saluran air sehingga pembuangan air kembali normal. Hingga saat ini, sambung dia, belum ada bantuan dari pihak manapun. Dia khawatir, warga di desanya terserang berbagai penyakit pasca-banjir seperti ispa, muntaber, penyakit kulit dan lainnya.

“Sampai saat ini belum ada yang laporan, tapi saya khawatir karena sudah tiga hari ini banjir warga bisa mudah terserang penyakit,” tuturnya, kemarin. Informasi dihimpun , banjir juga melanda Kecamatan Purwodadi. Beberapa rumah warga dan areal pesawahan di sana tergenang seperti di daerah Cakungsari, Purwajaya, Panineungan dan Gembor. Yodi (42), salah seorang warga menuturkan akibat banjir, tanaman palawija miliknya terendam air. “Selain rumah, tanaman saya yang baru tumbuh, rusak semua,” tuturnya

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini