Pangandaran Kembali Diminati Para Sineas


Pangandaran Kembali Diminati Para Sineas

Pangandaran,myPangandaran.com-Beberapa bulan terakhir ini, pembuat film (sineas) kembali tertarik menjadikan kawasan Pangandaran sebagai lokasi pembuatan film maupun sinetron. Sekarang saja dua rumah produksi asal Jakarta sedang membuat film di kawasan Cagar Alam dan Cijulang.

Willy (62), salah seorang pimpinan produksi, mengatakan dipilihnya Pangandaran sebagai lokasi syuting karena objek wisata andalan Jabar itu merupakan salah satu tempat syuting favourit untuk film-film yang mengandalkan panorama alam seperti hutan, perbukitan dan pantai.“Sejak tahun 80-an hingga tahun 90-an, Pangandaran sangat dikenal sebagai lokasi syuting film-film kolosal. Semua seting tempat di sini (Pangandaran) ada mulai dari hutan, pantai, perbukitan sampai perkampungan juga ada. Makanya, hampir sebagian besar PH (production house) film laga kolosal dulu syuting di Pangandaran,” ungkapnya.

Namun, lanjut dia, sejak bioskop di Indonesia mulai vakum, banyak rumah produksi gulung tikar. Ditambah lagi dengan krisis moneter tahun 1997 yang sangat berdampak terhadap dunia perfilman di Indonesia.“Rumah produksi yang masih bertahan berpikir bagaimana caranya syuting dengan biaya murah. Makanya dulu Pangandaran sempat ditinggalkan dan lebih memilih kawasan yang lebih dekat seperti kawasan Cibubur dan Studio Alam Depok, karena dinilai jarak tempuh lebih dekat sehingga tidak makan biaya besar,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Roni, salah seorang sutradara. Menurutnya Pangandaran sangat mendukung untuk dijadikan lokasi syuting film-film yang tidak hanya menjual artisnya tapi menjual latar atau keindahan tempat. Dikatakannya, kondisi dunia perfilman yang saat ini mulai bangkit menjadi salah satu faktor beberapa lokasi syuting terbaik seperti Pangandaran mulai kembali dilirik.

“Saya kira sekarang film kembali bagus. Walaupun bioskop masih jarang namun penontonnya juga semakin banyak karena mereka memang rindu sama film-film Indonesia yang tentunya berbeda konsep dengan sinetron,” tuturnya.Banyaknya rumah produksi yang syuting di Pangandaran membuat pelaku wisata seperti fotografer dan penjual makanan ketiban rejeki. Syuting juga menaikkan tingkat kunjungan wisatawan. “Biasanya banyak pengunjung yang ingin foto sama artis, alhamdulillah saya bisa kebagian rejeki,” tutur Elan (36), salah seorang fotografer wisata.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini