Warga Korban Banjir Cijulang Mulai Benahi Rumah


Warga Korban Banjir Cijulang Mulai Benahi Rumah

Cijulang, myPangandaran.com - Warga yang rumahnya sempat terendam banjir pada Senin (28/6) lalu, mulai membenahi tempat tinggalnya. Rumah warga yang terendam banjir berada di Kecamatan Cijulang, Parigi dan Cigugur. Tumin (52), salah satunya, warga Kampung Karangnangka Desa Bojong Kecamatan Parigi, harus memperbaiki teras rumahnya yang rusak akibat tergenang air limpasan Sungai Citonjong.Walaupun air tidak sampai masuk ke dalam rumah, sambung dia, namun genangan air tersebut menghancurkan teras rumahnya yang sederhana. “Rumah saya memang jelek, makanya digenangi air sebentar saja rusak,” ungkapnya ketika ditemui sedang membereskan puing-puing teras rumahnya.

Selain merusak teras rumahnya, banjir bandang juga melumat padi yang ditanamnya dua bulan lalu. “Padi saya juga hancur, padahal saya cuma buruh menanam padi di lahan orang, tapi malah sekarang rusak,” tuturnya.Hal senada diungkapkan Sukia (50). Dia harus membersihkan rumahnya dari lumpur sisa banjir bandang yang masuk ke teras dan dapur rumahnya. Data yang dihimpun, di Desa Bojong sebanyak 173 rumah terendam saat banjir Senin lalu. Selain itu, 50 kolam ikan dan 51 hektar sawah di desa tersebut juga terendam.

“Musibah kemarin (Senin), benar-benar membuat sebagian besar warga kami mengalami kesulitan. Padi mereka rusak, rumah terendam, ikan di kolam juga limpas,” terang Solih, kepala Desa Bojong.Menurut dia, tanggul di bantaran Sungai Citonjol sebetulnya cukup baik dan tidak ada yang jebol, namun karena volume air sungai sangat besar, akibatnya tanggul tak mampu menampung air. Akhirnya, air meluber dan merendam rumah warga. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

Warga Kampung Cilembu Desa/Kecamatan Cigugur juga mulai memperbaiki rumah dan kolam ikan yang diterjang banjir. “Mudah-mudahan nggak ada banjir susulan,” ungkap Mamat (36), warga Kampung Cilembu yang dapur rumahnya hancur.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini