Puluhan Kolam Apung Rusak oleh Banjir Bandang


Puluhan Kolam Apung Rusak oleh Banjir Bandang

Cijulang, myPangandaran.com - Banjir bandang tidak hanya memutus arus transportasi di Kecamatan Cijulang. Namun menyebabkan kerusakan pada areal pesawahan di pinggir Sungai Cijulang dan Cihaurseah. Air bencampur lumpur juga menyebabkan ikan di jaring terapung di dua sungai tersebut, mabuk dan mati mendadak.
Guna menghindari kerugian lebih besar, pemilik kolam apung menjual ikannya di pinggir jalan, meski sebagian berukuran kecil. “Kami terpaksa menjualnya karena ikan mabuk dan mulai pada mati,” ungkap Dadang (38), salah seorang pemilik tambak di Haurseah Desa Cijulang Kecamatan Cijulang.
Dia baru tiga bulan yang lalu menanam 5.000 benih ikan gurame, mujair dan nilem di kolam apung. Akibat banjir bandang tersebut, ia menderita kerugian belasan juta rupiah. “Dua jaring saya jebol dan kolam apung juga harus diperbaiki,” ungkap dia.Karena dijual di pinggir jalan, harganya pun turun drastis. Ikan-ikan tersebut dijual dengan harga lima ribu sampai lima belas ribu per kilo, tergantung kondisi ikan. “Terpaksa harganya saya turunin bahkan jauh dari harga normal di pasar, biar cepat laku. Kalau dibiarkan bisa busuk,” jelasnya.

Hal serupa dilakukan Aceng (32). Ia terpaksa menjual ikan yang masih tersisa di kolam apung. Saking banyaknya yang jual ikan, kemarin, Dusun Haurseah menjadi pasar ikan dadakan dan pusat perhatian warga yang melintas.Warga yang merasa kasihan terhadap petani langsung menawar dan membeli ikan. “Saya sebetulnya nggak niat beli ikan tapi kasihan lihat mereka,” ungkap Agus, warga yang kebetulan melintas

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini