Jati Unggulan Bisa Genjot Produktivitas


Jati Unggulan Bisa Genjot Produktivitas

Pangandaran,myPangandaran.com-Guna meningkatkan produktivitas dan nilai lahan, Perum Perhutani KPH Ciamis kembali menabur benih JPP (kayu jati unggulan hasil pengembangan Puslitbang Perhutani Cepu) di halaman kantor BKPH Pangandaran, kemarin. 77931 plc benih jati yang ditanam di 13 bedeng tersebut akan disebar di RPH Pangandaran dan Cisaladah.

Kegiatan rutin tahunan yang diberi nama komando tabur benih JPP KPH Ciamis 2010 tersebut dihadiri Karo Insar Tingkat Unit Ir Agus DN dan Administratur Perhutani Ciamis Dicky Y Radi. Turut menyaksikan Kepala UPTD Kehutanan dan Perkebunan Pangandaran Iing Sutiawan. Dicky menjelaskan JPP merupakan salah satu jenis kayu jati unggulan yang telah melalui proses penelitian dan pengembangan. Sehingga, penebaran benih JPP diharapkan bisa meningkatkan produktivitas. Dipilihnya pohon jati, karena jati merupakan satu jenis komoditi perdagangan yang mendatangkan devisa bagi negara.

Selain itu, tambah dia, tabur benih bertujuan untuk menggalakan reboisasi dan menghapuskan lahan kosong di kawasan KPH Ciamis. “Mudah-mudahan target kita membuat kawasan KPH Ciamis menjadi kawasan hijau bisa terwujud,” ungkapnya, kemarin.Kegiatan tabur benih dimulai dengan menanam benih JPP dalam sebuah bedeng berukuran 1 x 5 meter. Setiap bedeng diisi 8000 benih. Selanjutnya, ketiga belas bedeng yang disediakan diberi naungan selama 11 sampai 14 hari atau hingga muncul dua daun. Kemudian dipindahkan ke kantong plastik dan siap disebar.

Rencananya, jati tersebut akan disebar di dua wilayah. Yaitu di RPH Cisaladah sebanyak dua petak dengan luas 35,15 hektar. Dan, di RPH Pangandaran sebanyak 14 petak dengan luas mencapai 222.02 hektar. Kepala UPTD Kehutanan dan Perkebunan Pangandaran Iing Sutiawan menyambut baik upaya Perhutani kembali melaksanakan program tabur benih. “Saya kira kegiatan seperti ini harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Sebab, selain menguntungkan bagi perusahaan juga merupakan gerakan penghijauan,” tuturnya.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini