45 Warga Garut Dilatih Balawista


45 Warga Garut Dilatih Balawista

Pangandaran,myPangandaran.com-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut mengirim 45 petugas penjaga pantai dan kolam guna mengikuti diklat penyelamat wisata tirta tingkat dasar di Pangandaran kemarin.Bertempat di Pantai Barat --selama dua hari-- para peserta digembleng instruktur dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pangandaran mengenai teori penyelamatan dan kemampuan individual.

Kasi Sumber Daya Disbudpar Kabupaten Garut Asep Ajun mengatakan kegiatan diklat merupakan upaya peningkatan dan produktivitas para petugas penjaga pantai dan kolam di daerah Garut.“Di Kabupaten Garut saat ini banyak hotel memiliki kolam renang dan wisata air seperti waterboom. Pantainya juga banyak. Karena itu butuh para petugas life guard yang memiliki kemampuan baik, untuk menjaga keselamatan wisatawan,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, Kabupaten Garut belum mempunyai Balawista. Namun ke depan diharapkan Balawista Kabupaten Garut bisa terbentuk. “Mudah-mudahan, setelah diklat selesai, para peserta bisa mengaplikasikan semua teori dan keterampilan yang diberikan intrukstur,” jelasnya.
Sementara Ketua Balawista Pangandaran Dodo Taryana mengatakan pelatihan yang diberikan merupakan teori tingkat dasar, meliputi kemampuan individual, kemampuan penyelamatan dan pemahaman kondisi laut dan ombak.

“Yang paling mendasar kami lakukan tes berenang terlebih dahulu. Itu untuk menguji kemampuan masing-masing peserta. Bagi yang belum mengenal teknik berenang yang baik kami ajarkan terlebih dahulu. Selanjutnya diberikan teori teknik pertolongan menggunakan alat seperti rescue board (malibu) dan torpedo buoyz (pelampung) maupun penyelamatan tanpa alat,” katanya.

Terakhir, sambung dia, para peserta diajarkan kemampuan dalam mengevakuasi korban seperti teknik membawa korban tenggelam dan melakukan pertolongan pertama terhadap korban tenggelam.Dari hasil diklat, Dodo menilai, beberapa peserta ada yang memenuhi standarisasi sebagai petugas penyelamat (life guard). Walaupun baru tingkat dasar, ia berharap, disamping peran individu para peserta diklat untuk mengaplikasikan ilmunya, pemerintah sangat berperan penting dalam mendukung terbentuknya tim Balawista. -- RadarTasikmalaya , Photo dari FB Asep Lifeguard--







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini