Tanaman Reboisasi Dirusak


Tanaman Reboisasi Dirusak

Cigugur, myPangandaran.com - Aksi perambahan dan perusakan hutan terus berlangsung di kawasan hutan Petak 89 di Blok Pasir Pilar, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kab. Ciamis. Bahkan pohon mahoni dan pohon rimba untuk reboisasi yang baru ditanam juga dicabuti, bahkan diganti dengan pohon pisang dan kelapa.

Di antara tanaman yang dirusak tersebut adalah bibit pohon mahoni yang ditanam oleh Komandan Korem 062/Tarumanegara Kol. Inf. Muhamad Rahmat serta sejumlah pejabat teras Ciamis lainnya, yang ditanam saat reboisasi pada hari Kamis (25/2). Hancurnya tanaman reboisasi tersebut diketahui ketika petugas Perhutani RPH Cigugur, BKPH Cijulang saat melakukan pemeriksaan pada hari Sabtu (27/3).

Bibit pohon mahoni sudah tidak ada, digantikan dengan pohon kelapa dan pisang yang masih kecil. Sementara itu papan yang menunjukkan pejabat yang menanam pohon juga masih tertera di tempatnya, sedangkan sebagian lainnya sudah dibuang.

"Terus terang kami kaget begitu mengtetahui bibit pohon yang baru ditanam, termasuk yang ditanam oleh Danrem 062/Tarumanegara juga ikut dicabut. Kami mensinyalir pelakunya sejumlah massa tidak dikenal yang dipimpin oleh provokator dengan menggerakkan massa," ungkap Asper BKPH Cijulang Tatang Koswara, Rabu (31/3).

Dia mengaku tidak mengetahui pelaku perusakan tanaman reboisasi. Hanya saja Tatang menegaskan bahwa hal itu dilakukan oleh provokator yang tidak menginginkan situasi aman. Karena jumlahnya sedikit, mereka kemudian menprovokasi massa agar mengikuti kegiatan yang dilakukannya

Sumber PR



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini