Main ke Cagar Alam Pangandaran, Kera Jangan Diberi Makan


Main ke Cagar Alam Pangandaran, Kera Jangan Diberi Makan

Pangandaran,myPangandaran.com-Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangandaran Yana Hendrayana mengimbau kepada pengunjung Taman Wisata Alam Pangandaran agar tidak memberi makanan terhadap kera dan rusa.Menurutnya, kebiasaan memberi makanan terhadap hewan yang hidup di habitatnya akan membuat hewan-hewan tersebut ketergantungan, bahkan bisa menimbulkan sifat agresif.

“Memang secara jangka pendek hewan itu mendapatkan makanan yang baik, namun akan menimbulkan efek yang tidak baik. Prilaku hewan tersebut akan berubah. Monyet bisa merebut apa saja benda yang dibawa pengunjung. Itu bahaya buat pengunjung,” ungkapnya.
Saat tidak ada pengunjung, monyet-monyet tersebut akan kesulitan mencari makanan sendiri. Padahal di Cagar Alam Pangandaran terdapat lebih dari 700 spesies tumbuhan.

Dia mengaku telah memasang papan imbauan di beberapa tempat. Namun tetap banyak yang menghiraukannya. “Kami berharap pengunjung bisa mematuhi imbauan guna menjaga hewan-hewan tersebut hidup normal di habitatnya,” ungkapnya.
Koharis, salah seorang utusan dari Yayasan Dela Hendayapan mengaku secara rutin memberikan makanan kepada kera dan rusa. “Kami prihatin dengan kera-kera ini yang kesulitan mencari makan,” ungkapnya.

Dalam setahun, pihaknya dua sampai tiga kali datang ke Pangandaran untuk memberi makan kera dan rusa. Dibantu para pemandu di kawasan Pantai Timur, Koharis berkeliling di wilayah Taman Wisata Alam seluas 37,7 hektar. Dalam sehari biasanya menghabiskan 100 kg pisang dan sayuran



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini