Kegiatan Penanaman Vegetasi Pantai, Minimalisir Abrasi dan Pertahankan Peradaban


Kegiatan Penanaman Vegetasi Pantai, Minimalisir Abrasi dan Pertahankan Peradaban

Pangandaran, mypangandaran.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didamping Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Hermansyah M.Si beserta Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan, menyerahkan secara simbolis bibit pohon Vegetasi Pantai kepada Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut, Jamhuri yang diserahkan pada puncak acara Cycling de Jabar 2 di Alun-alun Paamprokan Pangandaran, Minggu (9/7). Berdasarkan riset Vegetasi Pantai Minimalisir Abrasi dan Pertahankan Peradaban.

“Mudah-mudahan ini bisa menahan abrasi dan mempertahankan peradaban di Jawa Barat,” katanya.

Lokasi penanaman Vegetasi Pantai tersebut dilaksanakan di Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Dengan jumlah secara keseluruhan sebanyak 25.500 bibit pohon dengan berbagai macam jenis vegetasi, dari mulai cemara laut, ketapang laut, butun/Baringtonia dan pandan laut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir Hermansyah M.Si menyampaikan, salah satu program Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat yang saat ini sedang dilaksanakan adalah program pengelolaan ekosistem laut, pesisir dan pulau-pulau kecil serta konservasi sumber daya hayati kelautan dan perikanan. Tujuan utama program tersebut adalah adalah terlaksananya konservasi secara berkelanjutan yang di harapkan akan sangat berdampak untuk masa depan.

Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan, Yudi menambahkan, kondisi lingkungan pesisir dan pantai yang saat ini terus berubah ke arah yang kurang baik, disebabkan baik kondisi secara alami maupun karena adanya campur tangan manusia yang kurang bertanggung jawab dalam pengelolaannya. Tentunya, memerlukan peran dari semua pihak untuk menjaga dan memulihkan kembali menjadi lebih baik, sehingga diharapkan dapat terus memperbaiki, mempertahankan dan meningkatkan kualitas ekosistem laut, pesisir dan pantai secara berkelanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif pada berbagai sektor khsusnya Sektor Kelautan dan Perikanan.

“Kegiatan penanaman vegetasi ini akan terus dilaksanakan oleh DKP Provinsi Jawa Barat dan sangat terbuka sekali apabila ada pihak-pihak lainnya yang akan ikut berperann serta,”  ujar Yudi.
Kegiatan penanaman vegetasi pantai bersama kali ini dilaksanakan oleh DKP Prov Jabar, DKPKP Kab. Pangandaran, SKPD Lingkup Kab. Pangandaran, Poltek KP Pangandaran, Piamari, Danramil, Polsek Cimerak, POS AL, Kodim, Pordasi, dan Kelompok Camar Laut. Dilaksanakan atas bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Bank BJB, PT. Migas Utama Jabar, PT. Agronesia, PT. Bio Farma dengan total jumlah 23.500 bibit pohon.
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini