Gempa Cilacap, Pantai Pangandaran Tetap Aman


Gempa Cilacap, Pantai Pangandaran Tetap Aman

Pangandaran, mypangandaran.com - Gempa berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Cilacap Jawa Tengah sore hari ini Minggu (9/6/2019).Gempa bumi ini dirasakan di sejumlah daerah yang salah satunya Pangandaran.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena membenarkan adanya gempa yang dirasakan warga Pangandaran dan sekitarnya "Gempa berkekuatan 5,5 SR gempabumi terletak pada koordinat 8,68 LS dan 108,82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 107 km arah selatan Kota Cilacap, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 64 km dan tidak berpotensi tsunami" jelas Nana

BPBD Kabupaten Pangandaran langsung melakukan koordinasi dengan Relawan Penanggulangan Bencana, penggiat wisata, TNI, POLRI dan masyaraka "Berdasarkan hal tersebut kami sampaikan bahwa kondisi wilayah Kabupaten Pangandaran pada umumnya kondisi kegiatan sosial, ekonomi,dll berjalan lancar, seluruh obyek wisata tidak ada masalah" imbuh Nana

Ketua Forum Koordinasi Tagana Kabupaten Pangandaran Nana Suryana mengatakan, gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Informasi tersebut disampaikan secara resmi oleh BMKG melalui siaran persnya. Namun demikian, pihaknya tetap melakukan pemantauan di sejumlah pesisir pantai. "Kebetulan kita menyiapkan tiga pos siaga, di Kalipucang, Pangandaran dan Cijulang, semua anggota melakukan pemantauan sekaligus menenangkan masyarakat dan wisatawan," ujarnya.

Dikatakannya, secara umum, gempa tidak berpengaruh terhadap kondisi air laut di Pangandaran, sehingga pihaknya memastikan aman untuk tetap beraktivitas di pantai. "Kita mengimbau wisatawan tetap tenang dan tidak panik, jika ada situasi darurat, kita akan mengambil tindakan cepat untuk segera melakukan langkah-langkah evakuasi," kata dia.

Lanjutnya, arus balik wisatawan memang mengalami peningkatan pasca gempa terjadi. "Kebetulan gempa terjadi sore hari bertepatan dengan arus balik wisatawan, setiap sore memang terjadi kepadatan arus balik saat libur lebaran ini," pungkasnya.

Feri salah satu wisatawan asal Bandung yang sedang berlibur di Pantai Pangandaran sempat panik dengam adanya gempa yang dirasakan "saya bersama keluarga awalnya merasa panik, tetapi berkat informasi yang cepat saya dapatkan akhirnya saya tenang" kata Feri kepada mypangandaran.

Himbauan kepada warga masyarakat dan wisatawan supaya tetap tenang dan beraktivitas sebagaimana biasa dan tidak usah khawatir. 

Bagi yang sudah mempunyai jadwal tujuan wisata ke Pangandaran, jangan sampai menunda apalagi sampai membatalkan rencana wisata.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini