HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat


HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat

Pangandaran, myPangandaranNews - Mengacu terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disahkan pada tanggal 26 April 2007. Undang-Undang  tersebut adalah perangkat hukum    pertama    yang   merubah  paradigma  penanggulangan  bencana  dari  perspektif  responsif  ke preventif (pengelolaan risiko bencana), dan dengan inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada tanggal 26 April setiap tahun nya.

Bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana, di Pangandaran sendiri kegiatan tersebut dilaksanakan terpusat di bangunan evakuasi bencana Tsunami di Pasar Wisata Pangandaran, dengan melibatkan sebanyak enam sekolah dasar di Pangandaran, serta warga sekitar, kegiatan berlangsung sigap dan hidmat.

Kegiatan utama pada Hari Kesiapsiagaan Bencana di Pangandaran dengan digelar latihan atau simulasi serentak seluruh peserta berlari menuju shelter dengan diselingi latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini yang terdapat di gedung Telkom Pangandaran serta sekaligus uji “shelter” yang belum sempat diresmikan untuk selanjutnya di gunakan sebagai tempat evakuasi ketika terjadi bencana.

Kegiatan juga dihadiri oleh Bupati, aparat pemerintahan, serta badan kesiapsiagaan bencana seperti Tagana, FKDM dan lainya, pada sambutanya Bupati mengapresiasi terhadap kegiatan tersebut dan berharap para badan kebencanaan bermarkas di shelter guna memudahkan koordinasi, serta mengingatkan bencana lain selain Tsunami yang mengincar seperti banjir dan longsor, bupati mengajak melakukan dari tindakan kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan di gelarnya kegiatan HKBN tersebut diharapan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai posisi manusia di tengah kerentanan bencana serta risiko dan solusi dalam merespon risiko bencana tersebut.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
​Rumah Khusus Nelayan Dibangun di Pangandaran

​Rumah Khusus Nelayan Dibangun di Pangandaran


Selasa, 24 April 2018 12:15 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun 154 unit rumah khusus nelayan tipe 36 pada 2015-2017 di Pangandaran. Pembangunan rumah tersebut terbagi menjadi 104 unit di Desa Mesawah dan 50 unit di Desa Pangandaran.
Cerita ​Presiden Jokowi yang Batal ke Pangandaran via Jalur Udara

Cerita ​Presiden Jokowi yang Batal ke Pangandaran via Jalur Udara


Selasa, 24 April 2018 12:12 WIB
Kemarin, 23 April 2018, Presiden Jokowi dijadwalkan menempuh jalur udara dari Purbalingga ke Pangandaran dan tiba di Bandara Nusawiru sekitar pukul 17.00 WIB. Namun, hujan yang turun terus menerus mengakibatkan batalnya perjalanan udara tersebut.
Jokowi Datang, Warga Gelar Bersih-Bersih di Pangandaran

Jokowi Datang, Warga Gelar Bersih-Bersih di Pangandaran


Senin, 23 April 2018 18:32 WIB
Sejumlah warga bersama komunitas dan unsur pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelar aksi gotong royong membersihkan kawasan Pantai Pangandaran maupun sekitar lingkungan penduduk dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.
Pelabuhan Cikidang Pangandaran “Merah Putih” Menyambut Jokowi

Pelabuhan Cikidang Pangandaran “Merah Putih” Menyambut Jokowi


Senin, 23 April 2018 18:14 WIB
Sejumlah Nelayan yang menambatkan perahunya di Pelabuhan Cikidang Pangandaran terlihat sibuk memasang bendera merah putih. Pemasangan bendera merah putih itu tiada lain dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Jokowi.