HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat


HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat

Pangandaran, myPangandaranNews - Mengacu terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disahkan pada tanggal 26 April 2007. Undang-Undang  tersebut adalah perangkat hukum    pertama    yang   merubah  paradigma  penanggulangan  bencana  dari  perspektif  responsif  ke preventif (pengelolaan risiko bencana), dan dengan inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada tanggal 26 April setiap tahun nya.

Bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana, di Pangandaran sendiri kegiatan tersebut dilaksanakan terpusat di bangunan evakuasi bencana Tsunami di Pasar Wisata Pangandaran, dengan melibatkan sebanyak enam sekolah dasar di Pangandaran, serta warga sekitar, kegiatan berlangsung sigap dan hidmat.

Kegiatan utama pada Hari Kesiapsiagaan Bencana di Pangandaran dengan digelar latihan atau simulasi serentak seluruh peserta berlari menuju shelter dengan diselingi latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini yang terdapat di gedung Telkom Pangandaran serta sekaligus uji “shelter” yang belum sempat diresmikan untuk selanjutnya di gunakan sebagai tempat evakuasi ketika terjadi bencana.

Kegiatan juga dihadiri oleh Bupati, aparat pemerintahan, serta badan kesiapsiagaan bencana seperti Tagana, FKDM dan lainya, pada sambutanya Bupati mengapresiasi terhadap kegiatan tersebut dan berharap para badan kebencanaan bermarkas di shelter guna memudahkan koordinasi, serta mengingatkan bencana lain selain Tsunami yang mengincar seperti banjir dan longsor, bupati mengajak melakukan dari tindakan kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan di gelarnya kegiatan HKBN tersebut diharapan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai posisi manusia di tengah kerentanan bencana serta risiko dan solusi dalam merespon risiko bencana tersebut.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mentri Susi Hadiri Puncak Gemasatukata Di Pangandaran

Mentri Susi Hadiri Puncak Gemasatukata Di Pangandaran


Sabtu, 20 Mei 2017 11:02 WIB
Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan (BKIPM-KKP) menggelar puncak Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan di Lapang Ketapang Doyong Pangandaran Kamis (18/05) kegiatan tersebut merupakan kegitaan yang serentak dilaksanakan di 47 UPT BKIPM se-Indonesia.
Bupati Lantik Sembilan Kades Terpilih Se-Kabupaten Pangandaran

Bupati Lantik Sembilan Kades Terpilih Se-Kabupaten Pangandaran


Rabu, 26 April 2017 09:38 WIB
Bertempat di aula setda kabupaten Pangandaran pada hari ini (25/04) Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata melantik sebanyak sembilan kepala desa terpilih hasil dari pemilihan kepala desa serentak di tujuh kecamatan di Kabupaten Pangandaran yang akan mengemban tugas pada periode 2017-2023 ke depan.
Akan Dijadikan RTH Pedagang Pasar Pananjung Di Relokasi

Akan Dijadikan RTH Pedagang Pasar Pananjung Di Relokasi


Selasa, 07 Maret 2017 16:12 WIB
Penataan lahan untuk ruang terbuka hijau terus di lakukan pemerintah Kabupaten Pangandaran, seiring dengan rencana penataan pedagang kaki lima pantai barat dan timur Pangandaran, pedagang pasar Pananjung yang menempati lahan di sebelah selatan telah terlebih dahulu di relokasi ke tempat yang baru yaitu ke Jalan Baru Dusun Karangsalam, Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, atau di belakang Kantor Disdukcapilsosnakertrans Kabupaten Pangandaran.
Libur Tahun Baru, Sejumlah Jalan di Pangandaran Macet Parah

Libur Tahun Baru, Sejumlah Jalan di Pangandaran Macet Parah


Minggu, 01 Januari 2017 16:14 WIB
Sejumlah ruas jalan di Pangandaran macet parah pada libur tahun baru hari ini (01/01), kemacetan itu diakibatkan karena volume kendaraan yang meningkat diawal tahun 2017 ini dan juga ruas jalan yang sempit dibeberapa bagian. Selain itu efek belum dibangunnya jembatan sementara juga menambah kemacetan di Pangandaran.