HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat


HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat

Pangandaran, myPangandaranNews - Mengacu terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disahkan pada tanggal 26 April 2007. Undang-Undang  tersebut adalah perangkat hukum    pertama    yang   merubah  paradigma  penanggulangan  bencana  dari  perspektif  responsif  ke preventif (pengelolaan risiko bencana), dan dengan inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada tanggal 26 April setiap tahun nya.

Bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana, di Pangandaran sendiri kegiatan tersebut dilaksanakan terpusat di bangunan evakuasi bencana Tsunami di Pasar Wisata Pangandaran, dengan melibatkan sebanyak enam sekolah dasar di Pangandaran, serta warga sekitar, kegiatan berlangsung sigap dan hidmat.

Kegiatan utama pada Hari Kesiapsiagaan Bencana di Pangandaran dengan digelar latihan atau simulasi serentak seluruh peserta berlari menuju shelter dengan diselingi latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini yang terdapat di gedung Telkom Pangandaran serta sekaligus uji “shelter” yang belum sempat diresmikan untuk selanjutnya di gunakan sebagai tempat evakuasi ketika terjadi bencana.

Kegiatan juga dihadiri oleh Bupati, aparat pemerintahan, serta badan kesiapsiagaan bencana seperti Tagana, FKDM dan lainya, pada sambutanya Bupati mengapresiasi terhadap kegiatan tersebut dan berharap para badan kebencanaan bermarkas di shelter guna memudahkan koordinasi, serta mengingatkan bencana lain selain Tsunami yang mengincar seperti banjir dan longsor, bupati mengajak melakukan dari tindakan kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan di gelarnya kegiatan HKBN tersebut diharapan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai posisi manusia di tengah kerentanan bencana serta risiko dan solusi dalam merespon risiko bencana tersebut.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Pangandaran Berduka, Istri Wakil Bupati Pangandaran Meninggal Dunia

Pangandaran Berduka, Istri Wakil Bupati Pangandaran Meninggal Dunia


Rabu, 14 Februari 2018 14:26 WIB
Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiuun, Pangandaran sedang berduka, Istri Wakil Bupati Pangandaran Hj. Edah Surtinah meninggal dunia pada Rabu (14/2) pukul 11.00 WIB. Bendera setengah tiangpun dikibarkan oleh masyarakat Pangandaran.
Alhamdulillah, Hari Ini Jembatan Ciputrapinggan Baru Sudah Bisa Dilewati

Alhamdulillah, Hari Ini Jembatan Ciputrapinggan Baru Sudah Bisa Dilewati


Kamis, 11 Januari 2018 10:23 WIB
Hari ini Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran yang baru selesai pembangunannya bisa dilewati, jembatan yang sempat roboh pada akhir tahun 2016 lalu kini sudah bisa bisa dilewati seluruh jenis kendaraan, walaupun ada beberapa pekerjaan minor namun terlihat mulus dan lancar.
Lebih Lebar, Jembatan Baru Ciputrapinggan Siap Dilewati Senin Besok

Lebih Lebar, Jembatan Baru Ciputrapinggan Siap Dilewati Senin Besok


Kamis, 04 Januari 2018 20:37 WIB
​Setelah setahun lebih menggunanakan jembatan bailey sebagai pengganti jembatan putrapinggan yang ambruk pada 9 oktober 2016, akhirnya jembatan permanen yang baru pengganti jembatan yang lama akan dapat di gunakan pada hari senin 8 januari 2018.
Cegah HOAX, Pemda Pangandaran Luncurkan Website Pangandaran Actual Disaster Information

Cegah HOAX, Pemda Pangandaran Luncurkan Website Pangandaran Actual Disaster Information


Rabu, 03 Januari 2018 11:51 WIB
Mengantisipasi berbagai HOAX atau berita bohong tentang Pangandaran khususnya dalam informasi bencana yang sangat berpengaruh kepada pariwisata Pangandaran, Pemda Kabupaten Pangandaran melalui Pusdalops meluncurkan sebuah website bernama PADI.