HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat


HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat

Pangandaran, myPangandaranNews - Mengacu terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disahkan pada tanggal 26 April 2007. Undang-Undang  tersebut adalah perangkat hukum    pertama    yang   merubah  paradigma  penanggulangan  bencana  dari  perspektif  responsif  ke preventif (pengelolaan risiko bencana), dan dengan inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada tanggal 26 April setiap tahun nya.

Bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana, di Pangandaran sendiri kegiatan tersebut dilaksanakan terpusat di bangunan evakuasi bencana Tsunami di Pasar Wisata Pangandaran, dengan melibatkan sebanyak enam sekolah dasar di Pangandaran, serta warga sekitar, kegiatan berlangsung sigap dan hidmat.

Kegiatan utama pada Hari Kesiapsiagaan Bencana di Pangandaran dengan digelar latihan atau simulasi serentak seluruh peserta berlari menuju shelter dengan diselingi latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini yang terdapat di gedung Telkom Pangandaran serta sekaligus uji “shelter” yang belum sempat diresmikan untuk selanjutnya di gunakan sebagai tempat evakuasi ketika terjadi bencana.

Kegiatan juga dihadiri oleh Bupati, aparat pemerintahan, serta badan kesiapsiagaan bencana seperti Tagana, FKDM dan lainya, pada sambutanya Bupati mengapresiasi terhadap kegiatan tersebut dan berharap para badan kebencanaan bermarkas di shelter guna memudahkan koordinasi, serta mengingatkan bencana lain selain Tsunami yang mengincar seperti banjir dan longsor, bupati mengajak melakukan dari tindakan kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan di gelarnya kegiatan HKBN tersebut diharapan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai posisi manusia di tengah kerentanan bencana serta risiko dan solusi dalam merespon risiko bencana tersebut.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Waduh, Gedung Bersengketa di Pangandaran ini Dirobohkan Pemilik Lahan

Waduh, Gedung Bersengketa di Pangandaran ini Dirobohkan Pemilik Lahan


Kamis, 09 November 2017 14:00 WIB
Sebuah gedung yang berdiri di dusun Karang Gedang Desa babakan Kec. Pangandaran hari ini Kamis, 11 November 2017 dirobohkan setelah ada keputusan dari pihak Pengadilan Negeri Ciamis dan kekuatan hukum dari Mahkamah Agung Republik Indonesia.
Meriahnya Carnaval Budaya Pangandaran 2017

Meriahnya Carnaval Budaya Pangandaran 2017


Jum'at, 20 Oktober 2017 18:33 WIB
Dalam rangka memperingati hari jadi Kab. Pangandaran yang ke 5 th Pemerintah kab. pangandaran menggelar pawai carnaval seni dan budaya pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017, acara carnaval tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari setiap desa dan kecamatan yang ada di Kab. Pangandaran.
Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah  di Pangandaran

Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah di Pangandaran


Sabtu, 07 Oktober 2017 09:17 WIB
Bencana Alam yang sedang terjadi di Pangandaran hari ini (07/10) ternyata dibarengi dengan beredarnya beberapa foto bohong (hoax) di sosial media dan aplikasi messaging Whatsapp. Beredarnya foto ini tentu sangat disayangkan oleh warga Pangandaran khususnya.
Foto Menteri Susi Pudjiastuti Tidur Kelelahan di Sofa Jadi Viral

Foto Menteri Susi Pudjiastuti Tidur Kelelahan di Sofa Jadi Viral


Senin, 12 Juni 2017 05:24 WIB
Foto menteri Perikanan dan Kelautan asal Pangandaran Susi Pudjiastuti jadi viral di dunia maya, foto yang memperlihatkan Ibu Susi nampak tertidur pulas di sofa berwarna coklat yang menurut informasi berada di Lounge Bandara JFK, New York. Menteri Susi memang baru saja menghadiri sebuah acara di PBB, yang saat itu pula Ia mendapatkan pujian dari artis ganteng Leonardo Dicaprio.