Balapan Pangandaran, Ruli Ibnu Faroka Juarai Nomor Kriterium


Pangandaran,myPangandaran.com-

Pembalap asal tim United Kencana Malang Ruli Ibnu Faroka tampil sebagai juara kelas elite putra pada nomor kriterium lomba balap sepeda Tour Priangan Piala Bupati Ciamis II di gerbang pintu masuk pantai barat Pangandaran, Ciamis, Selasa (10/3).


Selama 35 putaran yang harus dilalui 65 pembalap, Ruli mengumpulkan nilai lima belas, menyisihkan pembalap Pal Kaswanto di posisi kedua dengan nilai sepuluh. Di posisi berikutnya ditempati juara nasional Tour d`Indonesia tahun lalu, Endra Wijaya, dari tim CCC (9).


"Saya tadinya hanya berusaha untuk terus menempel para pembalap pelatnas, tapi teman-teman satu tim saya terus mendukung saya untuk selalu berada di depan. Saya bisa terus meraih poin di setiap intermediate meski saya tidak pernah sekali pun menempati posisi pertama," ujar Ruli.


Mengenai kegagalan para pembalap Pal meraih juara, Pelatih Pal Endang Subagyo mengatakan, para pembalapnya saat ini masih dalam fase latihan, jadi bukan pada fase kompetisi. "Peak performance pembalap harus ada di SEA Games nanti. Jadi, di event ini hanya sebagai ajang untuk mengukur kemampuan selama latihan yang telah dilakukan," ujar Endang.


Pada lomba kemarin, ditandai dengan kecelakaan yang menimpa empat pembalap. Akibatnya, keempat pembalap tersebut gagal melanjutkan lomba dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Keempat pembalap tersebut, yaitu Bagus dari tim BKCC, Moh. Irsan (ISSI Kab. Tasikmalaya), Hartono (Semarang Bangkit), dan Tommy Dasyar (Putra Perjuangan Bandung).


Sementara untuk kelas elite putri, para atlet pelatnas yang tergabung di Pal mendominasi dengan menempati peringkat pertama sampai tiga. Juara diraih Santia Tri Kusuma yang meraih poin 16, disusul Uyun Muzizah (12), dan Yanti Fuchiyanti (10).


Rabu (11/3) ini lomba dilanjutkan dengan nomor road race sejauh 175 km dari Pangandaran menuju Garut.


Penghargaan


Pembalap kebanggaan Ciamis, Tonton Susanto, menerima kadeudeuh Rp 10 juta dari Pemkab Ciamis atas prestasinya menjuarai kategori Asia pada lomba balap sepeda Tour d` Langkawi Malaysia, Februari lalu. Pemberian kadeudeuh dilakukan oleh Asda II Pemkab Ciamis Heri Mulyana saat pembukaan lomba balap sepeda Tour Priangan, Selasa (10/3).


Seusai menerima kadeudeuh, Tonton mengatakan, dia sangat bersyukur dengan perhatian besar dari Pemkab Ciamis. "Saya sangat berkesan dengan pemberian kadeudeuh ini, bukan dari segi materinya, tapi bentuk perhatian yang besar. Ternyata prestasi yang saya raih di Tour d`Langkawi mendapat perhatian besar dari Bapak Bupati," ujar Tonton.


Tonton bertekad, dirinya akan terus mengabdikan dirinya untuk tanah kelahirannya ini. "Selama saya masih menjadi atlet, saya akan terus mengangkat nama Ciamis melalui prestasi. Saat pensiun nanti, saya akan menjadi pelatih di Ciamis," katanya.


Sayangnya, ketangguhan Tonton di arena balap sepeda tidak bisa disaksikan langsung oleh masyarakat Ciamis. Tonton tidak bisa tampil pada nomor kriterium karena terbentur aturan dari UCI (Federasi Balap Sepeda Dunia) yang menyatakan, pembalap kontinental yang sudah terdaftar namanya di UCI tidak bisa tampil pada nomor kriterium.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini