Sepanjang 2012, Omzet TPI Pangandaran Rp 22,3 Miliar


Sepanjang 2012, Omzet TPI Pangandaran Rp 22,3 Miliar

Pangandaran, myPangandaran.com - Selama tahun 2012 ini total omzet hasil penjualan ikan tangkapan nelayan yang dilelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pangandaran mencapai Rp 22,3 miliar. Menurut Ketua KUD Minasari Pangandaran, Jeje Wiradinata, pada bulan Desember lalu saja transaksi pelelangan di TPI Pangandaran mencapai Rp 2,8 miliar.


Dari omzet lelang selama 2012 tersebut, kata Jeje, sudah dihasilkan retribusi untuk kas daerah sebesar Rp 660 juta. Nelayan yang melelang ikan hasil tangkapannya di TPI Pangandaran tersebut tidak hanya nelayan lokal Pangandaran, tetapi juga dari nelayan Cilacap yang melaut di perairan Pangandaran.

Sementara itu, membeludaknya kunjungan wisatawan ke Pangandaran selama musim liburan Natal dan Tahun Baru telah memicu lonjakan permintaan hasil laut tangkapan nelayan setempat terutama udang. Pasokan ikan dan udang ke rumah makan-rumah makan hidangan laut pun meningkat. Akibatnya harga ikan dan udang terkerek naik.

"Sampai hari ini harga udang masih tinggi. Mungkin karena kunjungan wisatawan masih tinggi menyusul masa liburan sekolah masih berlangsung," kata Jeje Wiradinata kepada Tribun, akhir pekan lalu.
Jeje mengambil contoh udang jerebung yang naik sampai dua kali lipat dari Rp 80.000 jadi Rp 150.000 per kg. Harga udang dogol yang masih segar saat dilelang di TPI Pangandaran biasanya hanya Rp 35.000 sampai Rp 40.000 per kg, tapi selama musim liburan ini naik jadi Rp 60.000 sampai Rp 80.000 per kg, bergantung kualitas dan ukuran.

Membeludaknya kunjungan wisatawan ke Pangandaran, selain membuat harga ikan dan udang naik, juga memberikan peluang ekonomi bagi nelayan untuk meningkatkan penghasilan seperti dengan berjualan oleh-oleh, ikan asin, membuka warung makan minum, hingga menyewakan rumahnya untuk penginapan sementara. Sumber TribunJabar



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini