Revo Apresiasi Pelopor Kebersihan Pantai Pangandaran, Jajang Nurjaman


Revo Apresiasi Pelopor Kebersihan Pantai Pangandaran, Jajang Nurjaman

Pangandaran, myPangandaran.com - Ekspedisi Nusantara Honda Revo 2012 pagi ini meninggalkan Yogyakarta setelah sebelumnya sempat melintasi wilayah Jawa Barat (Jabar). Program ini tidak hanya dikemas dalam  perjalanan touring, juga memberi apresiasi terhadap pribadi yang memiliki jiwa sosial maupun lingkungan yang disebut Pejuang Kehidupan.

Salah satunya adalah Jajang Nurjaman, penduduk asli Pangandaran, Kabupaten Ciamis, adalah pelopor warga dalam membersihkan sampah pantai, dengan nama aksi Beach Clean. Pantai Pangandaran yang selalu digembar-gemboran sebagai lokasi wisata eksotis dan menarik di Jabar, ternayata menyimpan kisah perjuangan salah satu warganya.

Usaha Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengenalkan Pangandaran sebagai Bali-nya Jawa tidak diiringi dengan tindakan signifikan, termasuk hal-hal kecil seperti sampah. Sebagai warga asli, Jajang prihatin melihat kondisi itu. Secara sukarela dan swadaya Jajang membersihkan sampah sekitar pantai.

Jajang hanya bermodal megaphone untuk menggerakkan warga akan keindahan Pangandaran jika tanpa sampah. Ada tim tetap yang bergabung, Jajang menamainya tim 6 (baca tim six). Enam orang inilah yang setiap minggu bergiliran untuk menggerakkan warga membersihkan sampah sekitar pantai Pangandaran.

”Ketika Pangandaran dilanda tsunami 2006 lalu, dana untuk perbaikan ratusan miliar. Tapi yang turun ke masyarakat dan biaya perbaikan tidak bisa dieprtanggungkawabkan. Untuk sampah bahkan tidak pernah ada perhatian. Di sinilah saya mulai tergerak untuk minimal membersihkan sampah di daerah sendiri,” cerita Jajang.

Kendala yang dihadapi Jajang adalah menggerakkan masyarakat dengan banyak karakter dan kepentingan. Bahkan Jajang kerap mendapat cemoohan warga dan tentangan yang tidak jelas alasannya.

”Saya berprinsip, lebih baik berbuat sesuatu meski kecil daripada banyak bicara. Impian saya dan teman-teman membuat Pangandaran bersih, dan bebas sampah. Bahkan saya juga ingin ada pengolahannya sehingga ada sesuatu yang berguna dari tumpukan sampah” ujar Jajang.

Kampanye Jajang sudah merambah dunia maya dan jejaring sosial. Secara aktif Jajang meng-update kampanye dan apa yang sudah dilakukan untuk Pangandaran. Di Facebook, Jajang membuat akun khusus dengan nama Selamatkan Pangandaran.

PT Astra Honda Motor (AHM) menganggap pengabdian yang dilakukan Jajang patut diberi penghargaan karena sudah menginspirasi banyak orang. Dalam Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo 2012, Jajang didatangkan ke Bandung untuk diberikan satu unit Honda Absolute Revo. “Saya akan memakai motor ini untuk keliling dan mengontrol sampah sekitar Pangandaran. Terima kasih, karena sebenarnya saya merasa belum pantas menerima ini,” terang Jajang. Sumber dapurpacu.com



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini