Pemprov Jateng Persiapkan Pemasaran Pangandaran-Cilacap


Pemprov Jateng Persiapkan Pemasaran Pangandaran-Cilacap

Pangandaran,myPangandaran.com-Genjot jumlah kunjungan wisatawan, Pemerintah Provinsi Jateng persiapkan pemasaran bersama dengan Pemkab Ciamis. Hal itu menindaklanjuti Pangandaran-Cilacap sebagai Kawasan Destinasi Nasional (KDN) yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Awal tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memasukkan Pangandaran-Cilacap kedalam 15 destinasi wisata nasional. Kunjungan wisatawan ke kedua destinasi yang berada di dua provinsi tersebut diprediksi meningkat.

Bupati Kabupaten Ciamis Engkon Komara mengakui potensi pariwisata yang ada di Ciamis saat ini belum tergali secara optimal. Begitupula dalam kaitannya Pangandaran-Cilacap yang masuk dalam 15 destinasi wisata nasional.

"Saat ini memang terasa belum menyambung, kalau ada wisatawan yang ke Nusakambangan kenapa nggak sekalian ke Pangandaran? Begitu juga sebaliknya. Namun dengan adanya sinergi, ke depan untuk pengembangan destinasi wisata ini bisa dalam satu paket pemasaran," katanya saat menerima kunjungan Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Rabu (18/1/12). Kunjungan terkait dengan penyusunan Raperda Rancangan Induk Pengembangan Kepariwisataan (RIPK) Provinsi Jawa Tengah.

Ditambahkannya untuk mendukung Pangandaran-Cilacap juga dipertimbangkan pembuatan jalur transportasi air. Fasilitas itu nantinya kian mempermudah akses wisatawan yang selama ini hanya dapat ditempuh melalui jalur darat.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Priyoko menuturkan terdapat empat destinasi wisata di wilayahnya, yakni Sragen, Borobudur-Yogyakarta, Karimun Jawa, dan Pangandaran-Cilacap. Untuk kawasan Pangandaran-Cilacap pihaknya harus bersinergi dengan Provinsi Jabar, dalam hal ini Pemkab Ciamis.

Ia menyadari pengembangan Pangandaran-Cilacap tidak dapat dilakukan secara parsial. Apalagi ia mengakui saat ini banyak wisatawan dari Jawa Barat, yakni Pangandaran berkunjung ke Cilacap.

"Oleh karena itu kita perlu bersinergi untuk bisa memasarkan bersama. Diperlukan aturan main dan pelaksanaan untuk mewujudkan itu," ujarnya.

Tahun 2013 dicanangkan sebagai tahun kunjungan wisatan Provinsi Jateng dengan target 25 juta kunjungan wisatawan nusantara. Sumber PikiranRakyat



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini