Bupati Ciamis Berharap PPI Cikidang Selesai Tahun Ini


Bupati Ciamis Berharap PPI Cikidang Selesai Tahun Ini

Pangandaran,myPangandaran.com-Bupati Ciamis Engkon Komara berharap pembangunan pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Cikidang yang dibangun sejak tahun 2003, dapat selesai tahun ini. Projek pembangunan dari pemerintah pusat dan Provinsi Jabar yang keseluruhannya menelan anggaran sekitar Rp 120 miliar, saat ini masih belum tuntas.

"Seperti halnya nelayan, kami juga minta agar secepatnya dapat segera diselesaikan. Pembangunan PPI Cikidang itu bukan projek Pemkab Ciamis tetapi bantuan dari pusat dan Jabar. Jadi kami tidak tahu pelaksanaannya. Harapan kami dapat dituntaskan tahun ini," tutur Bupati, Jumat (13/1).

Dia mengungukapkan untuk mempercepat permbangunan projek tersebut Pemkab Ciamis juga ikut memberikan bantuan anggaran. "Kami hanya menerima bantuan. Dengan demikian seluruh proses tender atau lelang tidak berlangsung di Ciamis tetapi pusat," katanya.

Semakin cepat selesai pembangunan PPI, tambah Engkon, maka penataan kawasan wisata Pangandaran juga bakal lebih mudah. Alasannya selama ini salah satu kendala untuk melaksanakan penataan adalah banyaknya perahu nelayan yang di parkir di pantai barat yang merupakan arena wisata.

"Nantinya jika PPI selesai, maka perahu nelayan bakal bersandar di tempat itu, sehingga wisatawan bisa lebih nyaman. Yang pasti dengan selesainya fasilitas pendaratan ikan tersebut, juga dapat menumbuhkan semangat nelayan untuk mengganti perahu dengan ukuran yang lebih besar," tuturnya.

Dengan perahu atau kapal berukuran lebih besar, nantinya nelayan Pangandaran bisa mencari ikan di lautan lepas. Saat ini nelayan Pangandaran hanya memakai perahu kecil sehingga daya jelajah pencariannya terbatas.

"Dengan demikian peghasilan nelayan juga sangat kecil. Dengan perahu lebih besar, maka daya jangkaunya lebih jauh dan hasil yang didapat juga bakal lebih banyak. Yang menjadi salah satu hambatan untuk menambah ukuran atau tonase perahu, adalah minimnya tempat untuk mendarat," jelas Engkon.

Seperti diketahui projek pembangunan PPI Cikidang di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis yang peletakan batu pertamanya dilaksanakan tahun 2003, sampai saat ini belum selesai.

Sebagian bangunan tersebut juga sempat rusak akibat diterjang gelombang pasang Tsunami yang menghancurkan Pangandaran pada tahun 2006. Untuk membantu perbaikan serta pembangunan fasilitas, tahun 2010 projek tersebut mendapat suntikan dana sebesar Rp 13,5 miliar.

Dana tersebut berasal dari APBD Prov. Jabar sebesar Rp 10 miliar dan APBD Kabupaten Ciamis Rp 3,5 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk membangun areal parkir halaman PPI Cikidang, pembuatan saluran air atau drainase, serta kelanjutan bangunan pemecah ombak atau breakwater yang hancur diterjang tsunami. Sumber PikiranRakyat



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini