Hotel Berbintang di Pangandaran Sudah Habis Dibooking


Hotel Berbintang di Pangandaran Sudah Habis Dibooking

Pangandaran,myPangandaran.com-

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2012, seluruh hotel berbintang di kawasan wisata Pangandaran, Kabupaten Ciamis sudah habis dibooking. Sementara itu, hotel kecil banyak yang menolak pemesanan kamar dengan alasan ingin mendapatkan untung lebih besar.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, pengusaha hotel kecil atau melati mendapatkan penghasilan lebih besar apabila penginapannya disewa secara langsung, ketimbang dipesan sebelumnya. Alasan lainnya adalah untuk mengantisipasi tamu membatalkan kunjungan mereka ke Pangandaran, padahal kamar atau rumah tersebut sudah dikosongkan.

"Untuk hotel berbintang atau hotel kelas ekonomi menengah ke atas, praktis sudah penuh untuk masa libur Natal, mulai tanggal 22 hingga 24 Desember," ungkap pengurus Perhimpunan Hotel dan Rerstoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Ciamis, Andis Sose, Minggu (18/12).

Dia mengatakan umumnya penawaran yang diajukan oleh tamu yang hendak memesan kamar, harganya sesuai dengan standar. Sementara pada saat libur natal maupun tahun baru, harga naik berlipat dibandingkan hari biasa. Pemilik penginapan atau hotel melati, hanya melayani pesanan atau booking khusus untuk tamu yang sudah sering menginap di tempat tersebut.

’’Untuk tahun baru, bakal lebih banyak hotel kelas melati yang menolak booking. Biasanya saat menjelang tahun baru harganya lebih mahal bisa naik berkali lipat. Booking biasanya hanya untuik yang biasa menghinap di tempat tersebut atau kenalan dan keluarga," kata Andis.

Ia membandingkan tinginya selisih harga sewa kamar pada saat libur tahun baru dengan hari biasa. Pada saat menjelang tahun baru, harga penginapan bisa mencapai Rp 1,2 juta per malam, padahal hari biasa hanya Rp 400.000. Demikian pula sewa kamar di rumah penduduk yang biasanya hanya Rp 100.000, saat libur tahun baru naik menjadi 600.000.

"Tidak hanya rumah penduduk yang didekat pantai saja yang bakal ramai, di kawasan Katapangdoyong yang cukup jauh juga pasti penuh," tuturnya. Sumber PikiranRakyat



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini