Kemarau, Bahan Baku Ikan Asin Jambal Langka


Kemarau, Bahan Baku Ikan Asin Jambal Langka

Pangandaran,myPangandaran.com-Sejak memasuki musim kemarau panjang sejak Agustus 2011 lalu, tangkapan bahan baku untuk pembuatan ikan asin jambal roti di Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis menjadi langka.

Akibatnya, harga penjualan ikan asin jambal roti mengalami kenaikan cukup tinggi hingga harus mendatangkan dari luar daerah. Menurut Mamah, 42, pembuat ikan asin jambal roti,warga Desa Banyuasin,Desa/Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, bahan baku ikan asin jambal roti berupa ikan jenis manyung dan utik nyaris tidak ada yang berhasil ditangkap nelayan sejak musim kemarau datang.

”Makanya selain tidak bisa memproduksi ikan asin jambal roti juga harga jualnya saat ini menjadi cukup mahal,”kata Mamah. Semula ikan asin jambal roti harganya berkisar antara Rp65.000 per kilogramnya, namun saat ini menjadi Rp80.000 untuk setiap kilogramnya dan palingbanyakdibeliberupaikan asin tanpa tulang.Harga bahan baku ikan asin jambal roti sendiri sebenarnya hanya berkisar antara Rp15.000-25.000, tetapi karena pengolahan cukup rumit dan lama,mengakibatkan harga jual jadi tinggi setelah menjadi ikan asin jambal roti.

Senada,Marno,40,salah seorang nelayan Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, menyebutkan, saat ini tangkapan ikan nelayan lebih banyak ikan layur dan diprediksi tangkapan dua jenis ikan untuk bahan pembuatan ikan asin jambal roti tiga bulan lagi.Jika sedang musimnya nelayan bisa mendapatkan ikan pembuat ikan asin jambal roti itu bisa sampai 1 ton setiap harinya.

Sumber Seputar-Indonesia



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini