Pemerintah Pusat Akan Danai Penataan Pangandaran


Pemerintah Pusat Akan Danai Penataan Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-Pemerintah pusat akan mendanai penataan kawasan wisata Pangandaran, Kabupaten Ciamis sebagai daerah tujuan wisata nasional. Namun, Ciamis diminta serius untuk menata terlebih dahulu kawasan pantai Pangandaran yang sekarang penuh oleh pedagang kaki lima.

“Hasil rapat koordinasi antara Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan, Pemprov Jabar lalu DPRD Jabar, bahwa pemerintah pusat akan menata Pangandaran. Bahkan, akan dirumuskan dalam peraturan pemerintah (PP). Tetapi, salah satu syaratnya, Ciamis harus bersihkan kawasan pantai dari PKL maupun perahu nelayan,” ujar Hj. Ijjah Hartini, anggota Komisi Bidang Pembangunan, DPRD Jabar, Rabu (24/8) saat kunjungan kerja ke Pangandaran, Kab. Ciamis.

Sedangkan, Pemprov Jabar sendiri harus membuat master plant penataan Pangandaran secara menyeluruh. Di perubahan APBD 2011, dana penyusunan master plant sudah dianggarkan.

Menurut Ijjah Hartini, artinya pusat dan Provinsi Jabar sudah memiliki komitmen serius untuk membantu mengembangkan Pangandaran. Tetapi, pusat minta kepada Ciamis sendiri mau menata pedagang yang menutup kawasan pantai dan kegiatan nelayan di lokasi wisata.

“Pemkab Ciamis harus memikirkan reloksi pedagang dan tempat penyandaran perahu nelayan. Kawasan pantai itu, harus bersih. Hal itu, permintaan dari pusat, sebelum peraturan pemerintah tentang penataan destinasi Pangandaran dimulai,” kata Ijjah yang biasa dipanggil Ai.

Ai melihat bahwa sekarang ini kondisi Pangandaran kumuh atau kurang tertata. Padahal, Pangandaran sebenarnya sudah harus memiliki Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) . “Saya belum mengetahui apakah Kabupaten Ciamis memiliki RIPPDA atau belum. Harapan kita untuk kemajuan Pangandaran dan Ciamis, mestinya ada. Lalu, tata kembali pantai tersebut,” ujarnya.

Harapannya, September mendatang Pangandaran sudah harus siap untuk penataan secara menyeluruh, mulai dari Pantai Karang Nini, Pangandaran hingga Batu Hiu.

Sementara itu, Wakil Bupati Tasikmalaya H. Iing Syam Arifin mengatakan, Ciamis menyambut baik rencana pusat untuk menata secara menyeluruh daerah wisata kawasan Pangandaran. “Kami akan lakukan rapat koordinasi untuk persiapan semua ini,” ujar Iing.(Sumber Pikiran-Rakyat)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini