Arti Kemerdekaan Bagi Sikem


Arti Kemerdekaan Bagi Sikem

Pangandaran,myPangandaran.com-Sebenarnya apa makna kemerdekaan itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, merdeka artinya bebas dari penghambaan, penjajahan, dan lain-lain,berdiri sendiri, tidak terkena atau lepas dari tuntutan, tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu, atau leluasa. Merdeka berarti bebas dari penjajahan, bebas dari tahanan, bebas dari kekuasaan, bebas intimidasi, bebas tekanan, dari nilai dan budaya yang mengungkung diri kita. Setiap manusia yang lahir ke dunia semuanya adalah mahluk merdeka.

Terlepas dari Hikmatnya upacara peringatan Proklamasi RI ke-66 di Pangandaran (17/08) masih ada sejumlah warga yang hidup di dari belas kasihan orang lain, Sikem (50) perempuan tua berasal dari desa Sukaresik kecamatan Pangandaran terlihat diantara kerumunan warga yang sedang mengikuti upacara peringaatan Proklamasi RI ke-66 di lapang Merdeka Pangandaran.

Ditanya mengenai tau tidak sekarang hari apa? Sikem menjawab " rame-rame agustusan " ungkapya setiap kerumunan orang adalah rejeki banginya.

Suami Sikem bekerja sebagai pembuat sapu lidi,Sikem yang dikarunia tujuh orang anak yang sekarang masing-masing sudah berkeluarga terkadang masih menggantungkan hidupnya dari Sikem, parahnya lagi dari ketujuh anaknya itu tidak terlalu memperdulikan Sikem karena dianggap orang tidak mampu tutur Sikem kepada myPangandaran.

Setiap harinya Sikem berangkat dari Sukaresik ke Pangandaran dengan mata yang kurang awas Sikem berkelilng minta-minta di sekitar pasar Pangandaran.

Cukup bertentangan memang dengan salah satu tujuan pembangunan nasional Indonesia yang termaktub di dalam UUD 45 untuk menciptakan kesejahteraan rakyat Indonesia. Lantas apakah benar kita sudah merdeka?



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini