Dede Yusuf: Jabar akan Kembangkan Lokasi Surfing di Sejumlah Pantai Selatan


Dede Yusuf: Jabar akan Kembangkan Lokasi Surfing di Sejumlah Pantai Selatan

Pangandaran,myPangandaran.com-Wakil Gubernur Jabar, Dede Yusuf akan mengembangkan lokasi surfing (selancar) di sejumlah pantai yang ada di wilayah Jabar selatan. Sejumlah pantai yang berpotensi untuk penyelenggaraan kompetisi surfing tersebut, di antaranya Pantai Batu Karas di Pangandaran, Pantai Ombak Tujuh di Garut selatan, termasuk Pantai Cimaja di Palabuhanratu.

“Target kita dalam pengembangan sejumlah lokasi surfing di Jabar ini, untuk mengembangkan kegiatan komunitas surfing dan industri pariwisata pantai,” kata Dede Yusuf dalam acara “Best Java Surf Competition 2011 di Pantai Cimaja, 13-18 Juni 2011” di Pantai Cimaja, Kec. Cikakak, Senin (13/6).

Hadir dalam acara itu, di antaranya Kepala Dinas Kepariwisataan dan Kebudayaan Jabar, Herdiwan, Bupati Sukabumi, H. Sukmawijaya, M.M., Ketua DPRD, Badri Suhendi, S.IP., Kepala Dinas Kepariwisataan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Disparbudpora) Kab. Sukabumi, Harry Mukharam, Ketua Panitia Pelaksana “Best Java Surf Competition di Pantai Cimaja 2011” H. Dadang Hendar beserta tamu undangan penting lainnya.

Lebih jauh Dede Yusuf menjelaskan, guna mengembangkan sejumlah lokasi surfing di Jabar tersebut, perlu didorong dengan kemudahan akses jalan. Pasalnya, akses jalan ke sejumlah lokasi surfing, seperti halnya Pantai Ombak Tujuh di Garut selatan dan Pantai Batu Karas di Pangandaran, dinilai masih belum memadai.

“Kalau akses jalan ke Pantai Cimaja ini, sudah lumayan bagus. Tapi ada lokasi lainnya masih sulit dijangkau. Untuk akses ke Pantai Batu Karas di Pangandaran, harus menggunakan transportasi udara di Bandara Nusawiru. Akan tetapi, keberadaan bandara lokal ini membantu memudahkan akses tersebut. Oleh karena itu, rencana pembangunan bandara di Surade, Sukabumi, perlu didorong untuk memecah transportasi. Hal itu supaya potensi pariwisata termasuk kegiatan surfing di pantai selatan ini mudah diakses oleh para pengunjung,” katanya

Pembangunan jalan pantai selatan (pansela) Jabar pun, kata dia, bisa mendorong pembangunan kepariwisataan termasuk pengembangan lokasi surfing. Pembangunan jalan pansela, hingga kini masih berlangsung yang proses pembangunannya sudah sampai ke Pantai Ujunggenteng, Kab. Sukabumi. “Bahkan pemerintah pusat, tahun ini sudah mengucurkan lagi bantuan anggaran sebesar Rp 250 miliar untuk membuka sekaligus mengembangkan daerah-daerah yang masih terisolasi,” katanya.

Menurut Wagub Dede Yusuf, jika akses jalan ke sejumlah lokasi sufing ini relatif mudah dijangkau, tinggal menata lokasi surfingnya yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas umum. Hal itu seperti, tempat duduk bagi pengunjung, rest area, toilet, dll.

“Dengan kemudahan akses jalan dan kelengkapan fasilitas publik ini, ditargetkan berbagai event kompetisi surfing bisa diselenggarakan di wilayah Jabar, termasuk di Pantai Cimaja ini. Tahun 2016 nanti, kita targetkan bisa menyelenggarakan eksibisi surfing internasional. Karena ternyata, para juara eksibisi sufing internasional ini kebanyakan dari Pangandaran dan Palabuhanratu,” tutur Dede Yusuf. (Sumber PikiranRakyat)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini