Bus Terbalik, Belasan Penumpang Luka-Luka


Bus Terbalik, Belasan Penumpang Luka-Luka

Pangandaran,myPangandaran.com-Bus Budiman jurusan Pangandaran-Tasikmalaya Nopol Z 7940 HA, terbalik di Jalan Raya Kalipucang tepatnya di Tanjakan Cidongkol, Desa Banjarharja, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Selain membuat trauma sebanyak 27 penumpang, dalam peristiwa itu sebuah kendaraan motor ringsek akibat tergilas bus. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, belasan penumpang mengalami luka ringan. Dari informasi yang dihimpun, bus nahas itu dikemudikan Sariman (60), dengan kernet Samidi (30).

Bus melaju dari arah Pangandaran menuju Terminal Tasikmalaya. Sesampai di lokasi, atau sekira lima kilometer melakukan perjalanan ada seorang penumpang yang hendak naik. Bus berhenti tepat di Tanjakan Cidongkol, diduga karena masalah pada bagian rem kendaraan tersebut malah melaju mundur tidak terkendali. “Tiba-tiba bus yang hendak berhenti melaju mundur sangat cepat,” kata Solihin (50), warga setempat.

Kendaraan yang sudah tidak terkendali itu, lanjut Solihin, melaju mundur secara zig-zag. Semula arah belakang bis hendak menghantam warung, namun tiba-tiba berbelok menuju kerumunan sejumlah kendaraan yang ada di belakangnya. Beberapa kendaraan lain bisa menghindar sementara sebuah motor yang dikemudikan Roni (180, tidak bisa diselamatkan. “Motor itu ringsek setelah tergilas badan truk, sementara pemiliknya berhasil loncat,” kata Solihin.

Akibat peristiwa itu, jalur Pangandaran-Kalipucang sempat terganggu karena bus baru berhenti setelah terguling di tepi jalan di bawah tanjakan. Banyak penumpang yang trauma dan mengeluhkan luka ringan di bagian tubuh mereka akibat benturan dengan kursi dan kaca saat berada di dalam bus.

“Bus mundur hampir sejauh 200 meter, membuat kami sangat takut dan gemetar. Saat bus mundur, semua penumpang berdiri dengan kondisi badan membentur barang-barang yang ada akibat guncangan. Semua penumpang baru bisa keluar lewat pintu yang posisinya sudah berada di atas,” ucap Aang (55), seorang penumpang.

Sementara Sariman, sopir bus mengaku kendaraan kehilangan kendali pada bagian rem (blong) saat berada di posisi tanjakan. “Saat itu, saya sudah menginjak rem. Tapi, kendaraan tetap melaju mundur. Sampai kami putuskan berhenti membentur tebing. Kami bersyukur tidak ada korban jiwa, penumpang hanya luka ringan dan satu motor yang tergilas,” ucap Sariman.(Sumber OkeZone)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini