Citanduy Kembali Meluap Sawah Terancam Puso


Padaherang, myPangandaran.com -

Sekitar 250 hektare areal persawahan di Kec. Padaherang dan Kalipucang, Kab. Ciamis, kembali digenangi banjir. Dikhawatirkan, apabila air tidak segera surut, sekitar 50 hektare tanaman padi yang sudah mulai mengeluarkan bulir padi, terancam puso.


Pada pertengahan bulan Januari lalu, kawasan itu juga terendam banjir akibat meluapnya Sungai Citanduy yang masuk Sungai Ciseel. Apabila permukaan air terus meninggi, selain merendam areal persawahan, banjir juga akan menggenangi badan jalan raya.


"Banjir sebelumnya baru beberapa hari surut, tetapi sekarang sudah kebanjiran lagi. Kita sudah tiga kali tanam, dua kali gagal akibat banjir, dan kejadian ini untuk yang ketiga kalinya. Selain tanaman berumur sebulan, ada pula tanaman sudah mulai berbuah," kata petani Babakansari, Desa Ciganjeng, Kec. Padaherang, Herman (48), Minggu (1/2).


Hal tersebut dibenarkan petani lainnya, Mirun (45) dan Aceng (43) ,warga Pasirpagar, Desa Tunggilis, Kec. Kalipucang. Menurut mereka, ada sekitar 50 hektare tanaman padi sudah mulai mengeluarkan bulir padi. "Kalau air tidak segera surut, tanaman itu tentu akan membusuk," katanya.


Akibat tiga kali gagal tanam, para petani di daerah tersebut kini terancam paceklik. Terutama petani yang hanya mengandalkan hidupnya dari sawah. "Kami sudah tiga kali gagal tanam. Kalau terus begini, kami akan paceklik," ujar Aceng. Menurut dia, jarak antara permukaan banjir dan jalan raya kini tinggal sekitar 50 cm.


Banjir yang melanda wilayah tersebut, katanya, merupakan kejadian rutin karena secara geografis, letak sawah mereka sejajar dengan permukaan Sungai Citanduy. Dengan demikian, setiap Sungai Citanduy banjir dan meluap ke Sungai Ciseel, maka airnya juga akan melimpah ke areal sawah.


Petani lainnya, Hasim, mengungkapkan, areal persawahan yang terendam banjir di antaranya berada di Blok Cipanas, Blok Garendel, Desa Ciganjeng, dan Karang Pawitan, keduanya berada di Kec. Padaherang, serta Desa Tunggilis, di Kec. Kalipucang.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini