BNPB Gelar Apel dan Simulasi Kesiapsiagaan Megathrust di Pangandaran


BNPB Gelar Apel dan Simulasi Kesiapsiagaan Megathrust di Pangandaran

PANGANDARAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan apel dan simulasi kesiapsiagaan darurat di gedung Tempat Evakuasi Sementara (TES) Pasar Wisata Pangandaran pada Kamis, 5 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat dan petugas menghadapi potensi ancaman megathrust.

 
Acara tersebut dihadiri oleh berbagai instansi terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten Pangandaran, BPBD Jawa Barat, BPBD Kabupaten Pangandaran, Kapolres Pangandaran, Dandim 0625 Pangandaran, SAR Gabungan, Kepala Kantor BMKG Bandung, serta anggota TNI dan Polri. Selain itu, masyarakat setempat turut berpartisipasi dalam simulasi yang dilaksanakan.
 
Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Lilik Kurniawan, menjelaskan bahwa kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. "Hari ini kita melakukan apel kesiapsiagaan terkait dengan megathrust, serta menyaksikan simulasi evakuasi mandiri bagi warga, pelaku usaha, dan wisatawan di Pantai Barat Pangandaran," ujar Lilik kepada media.
 
Simulasi tersebut mengarahkan peserta menuju Tempat Evakuasi Sementara (TES) yang terletak di sentral parkir pasar wisata Pangandaran. Selain itu, dalam apel tersebut, Lilik memberikan penjelasan tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam menghadapi potensi megathrust dan persiapan yang harus dilakukan oleh masyarakat dan petugas.
 
"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang cara menghadapi situasi darurat dengan lebih baik," tutup Lilik.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pemerintahan Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini