Citilink Masih Perlu Persiapan, Penerbangan Perdana BIJB Kertajati-Bandara Nusawiru Pangandaran Ditunda


Citilink Masih Perlu Persiapan, Penerbangan Perdana BIJB Kertajati-Bandara Nusawiru Pangandaran Ditunda
Potret Bandara Nusawiru Pangandaran (Info Priangan Group)

Pangandaran, mypangandaran.com - Keinginan masyarakat dari atau yang akan menuju Kabupaten Pangandaran Jawa Barat dengan menggunakan pesawat terbang rute Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati-Bandara Nusawiru Pangandaran mulai 29 Agustus 2023 harus tertunda. Menurut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, penerbangan perdana dari BIJB Kertajati yang berlokasi di Kabupaten Majalengka Jawa Barat ditunda sampai Oktober 2023.

"Ya penerbangan perdana BIJB Kertajati-Bandara Nusawiru yang semula akan dilaksanakan pada 29 Agustus ini, harus tertunda hingga Oktober mendatang," ucap Bupati Jeje saat diwawancara wartawan Kabar Priangan di Pangandaran, Kamis 31 Agustus 2023.


Penundaan penerbangan perdana BIJB Kertajati-Bandara Nusawiru Pangandaran tersebut, karena ada aspek teknis yang harus diselesaikan oleh maskapai penerbangan Citilink yang akan melayani rute tersebut. "Ada beberapa hal yang harus disiapkan dulu oleh Citilink," lanjut Bupati Jeje.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, memastikan peluncuran penerbangan perdana Bandara Kertajati-Bandara Nusawiru Pangandaran akan dilaksanakan Oktober 2023. "Termasuk penandatangan nota kesepakatan (MoU/Memorandum of Understanding)," ucapnya.


Ia pun menyebutkan pentingnya pembukaan jalur BIJB Kertajati-Bandara Nusawiru Pangandaran. Hal itu nantinya bisa membuka penerbangan domestik dari Bali atau Yogyakarta ke Kertajati, dilanjutkan ke Pangandaran. "Kemudian bisa membuka penerbangan internasional dari Malaysia, Singapura, Australia ke Kertajati, lalu ke Pangandaran," ujarnya.

Dengan adanya rute penerbangan dari Kertajati ke Pangandaran, Bupati Jeje optimistis akan memberikan dampak pada sektor pariwisata. "Ibaratnya, pergi ke Pangandaran makan seafood, sorenya bisa pulang lagi, akses akan lebih cepat," katanya.


Adapun pesawat yang bisa landing dan take off di Bandara Nusawiru adalah jenis ATR karena runway belum ada. "Di Bandara Nusawiru baru 1.400 meter, sehingga kalau untuk pesawat yang ukurannya lebih dari ATR harus 2.000-an meter," lanjutnya lagi.

Mengenai jadwal penerbangan bisa antara pagi dan sore. "BIJB kan kosong, jadi tidak perlu menunggu take off dan landing," pungkasnya.

 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Info Perusahaan Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini