Warung Internet Menjamur di Pangandaran


Warung Internet Menjamur di Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-Seiring dengan pertumbuhan teknologi informasi yang hampir merata di Jawa Barat dan semakin murahnya biaya koneksi broadband internet di Pangandaran menyebabkan pertumbuhan warnet juga semakin tinggi, selain itu juga edukasi yang bagus tentang internet di Pangandaran yang semakin tinggi menyebabkan permintaan akan akses internet semakin tinggi pula.

Pantauaan kontributor myPangandaran, saat ini sudah lebih dari 15 buah warnet yang ada di Pangandaran mulai dari yang berjumlah komputer client 4 buah hingga yang berjumlah belasan hingga puluhan. lihat saja di desa Babakan yang sebetulnya bukan pusat keramaian di pangandaran sudah ada lebih dari 3 buah warnet, bahkan ada yang melebarkan usahnya dari sebuah usaha bengkel ditambah sebuah warnet seperti yang terlihat di jalan raya Babakan. Hal serupa juga terlihat didesa pananjung dan wonoharjo yang pertumbuhannya sangat cepat, bahkan ada warnet yang berjejer. Kondisi ini sangat jauh berbeda dengan 2 tahun yang lalu dimana warnet sangat sulit ditemukan, kalaupun ada biasanya koneksinya menggunakan dialup ataupun dengan koneksi yang lain tidak seperti sekarang yang menggunakan ADSL yang rata-rata menggunakan bandwidth diatas 1 Mbps.

Harga yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari harga 4.000 hingga 5.000 rupiah setiap jamnya untuk penggunaan non member. Hasil wawancara myPangandaran dengan salah satu pengelola warnet dipangandaran terungkap bahwa keadaan warnet yang bertambah banyak satu sisi dapat mencerdaskan warga Pangandaran namun secara bisnis sangat berpengaruh. Mereka sangat berharap ada persaingan yang sehat antar warnet jangan sampai ada yang menurunkan harga dibawah rata-rata hingga 3.000 perjam.

Dukungan Toko Komputer.

Semakin tingginya pertumbuhan internet di Pangandaran ternyata tidak didukung dengan pertumbuhan toko komputer yang menyediakan layanan jual beli komputer dan aksesorisnya, warga Pangandaran lebih memilih membeli ke Bandung ataupun Tasikmalaya. Hasil pengalaman salah satu kontributor di Pangandaran untuk mencari DVD ROM saja sangat susah dan sangat sedikit sekali pilihannya dengan harga yang lebih tinggi 10-30 persen dari harga di Bandung.

Penggunaan internet selain menggunakan warnet, warga pangandaran umumnya menggunakan layanan yang lebih murah, tidak sedikit yang menggunakan layanan internet dari operator CDMA ataupun 3G.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Bisnis Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini