Wisata dan Kuliner
Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat

Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat

Pesona alam Jawa Barat masih menjadi daya tarik wisata saat libur Lebaran. Tahun lalu, misalnya, tujuan wisatawan banyak mengarah ke pantai dan pegunungan. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat Herdiwan, sedikitnya ada delapan lokasi wisata yang dibanjiri pengunjung selama empat hari sejak hari pertama Lebaran.

1. Kota Bandung. Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang gemar belanja fashion, menikmati pemandangan dari bukit, hingga doyan makan. Selain itu, kebun binatang menjadi tempat rekreasi favorit keluarga. "Tamu yang masuk berdasarkan data keluar tol Bandung mencapai 600 ribu orang," kata Herdiwan, Ahad, 28 Agustus 2011.

2. Pantai Pangandaran, Ciamis, disambangi 200-300 ribu orang.

3. Sejumlah obyek wisata di kawasan Puncak, Bogor, seperti Taman Safari, diserbu 300 ribu wisatawan.

4. Obyek wisata Gunung Tangkuban Parahu serta pemandian air panas Ciater, Subang, menarik sekitar 300 ribu wisatawan.

5. Kawah Putih dan Situ Patengan di Kabupaten Bandung dinikmati lebih dari 150 ribu pengunjung.

6. Di Kota Bogor, Kebun Raya menjadi tempat favorit bagi lebih dari 100 ribu lebih pengunjung.

7. Pantai Pelabuhan Ratu didatangi lebih dari 30 ribu orang.

8. Keraton Cirebon dipadati lebih dari 20 ribu orang.

Menurut Herdiwan, musim libur Lebaran ikut meningkatkan hunian hotel. Di kawasan Pantai Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Puncak dan Cipanas, serta Ciater umumnya melonjak 70 persen dibanding hari biasa, atau naik 30 persen dibanding Sabtu dan Minggu.

Selain itu, kata Herdiwan, ada belasan obyek wisata alternatif lainnya. Di Bandung, ada Gua Pawon, Cipatat, yang menyimpan fosil manusia purba, serta Curug (air terjun) Malela di daerah Rongga Kabupaten Bandung Barat. Di Kabupaten Bandung ada pula wisata kesehatan air panas di Cibuni dan wisata kebun di Gambung.

Di Karawang ada Candi Jiwa, serta situs megalitikum di Gunung Padang, Cianjur. Sedangkan di daerah Indramayu ada Pulo Biyawak, Sindang Kerta di Tasikmalaya, Pantai Cimaja dan Ujung Genteng di Sukabumi, serta Taman Nasional Ciremai Kuningan. Menurut Herdiwan, lokasi wisata alternatif itu selain masih jarang dikunjungi wisatawan, akses dan fasilitas akomodasinya juga masih kurang.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Berinteraksi dengan Televisi Lewat IPTV
Berinteraksi dengan Televisi Lewat IPTV
Rabu, 20 April 2011 04:11 WIB
Televisi sejak kelahirannya sudah menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan oleh orang, bahkan diawal tahun 2000, banyak sekali stasiun televisi baik lokal maupun nasional bermunculan. Kesemua stasiun televisi itu umumnya dapat disaksikan melalui pesawat televisi dengan teknologi UHF, Satelit atapun kabel.
Drs Karmin, Terus Mewujudkan Impian Pangandaran
Drs Karmin, Terus Mewujudkan Impian Pangandaran
Minggu, 22 Agustus 2010 09:06 WIB
Jabatan kepala desa Pangandaran yang notabene merupakan daerah wisata tentunya memberikan kesibukan luar biasa kepada beliau. Jabatan kepala desa yang diamanahkan kepada Drs. Karmin beberapa tahun yang lalu dijalani sebagai sebuah amanah dan ibadah
Dahlan Iskan: Susi Tetap Dihati
Dahlan Iskan: Susi Tetap Dihati
Selasa, 13 September 2011 10:19 WIB
Jatuhhnya pesawat Susi Air membuat ramai media dan banyak orang bicara, salahsatunya adalah Dirut PLN, Dahlan Iskan. Dikutip dari Jaringan Berita milik Jawa Pos (JPNN), berikut Pemaparan Dahlan Iskan tentang Susi Pujihastuti, Juragan Pesawat dari Pangandaran
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini