Kajian Islam
Puasa Wajib Bulan Romadhon dan Beberapa Keistimewaannya

Puasa Wajib Bulan Romadhon dan Beberapa Keistimewaannya

PUASA WAJIB bulan Romadhon adalah puasa yang harus dilakukan selama sebulan Romadhon. "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas or- am sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Yaitu) beberapa hari tertentu. (QS. 2/Al-Baqoroh: 183-184) Nabi Muhammad Rosulullah saw. bersabda,


"Telah datang kepada kalian bulan Romadhon, bulan yang diberkahi. Al­lah SWT telah mewajibkan kalian berpuasa di dalamnya. (HR. Nasa i dan Baihaqi)

Apabila puasa Romadhon ini ditinggalkan tanpa alasan yang dapat dibenarkan menurut syariat, maka tidak dapat ditebus dengan apapun. Abu Huroiroh ra. mengungkapkan, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Siapa yang tidak berpuasa sehari pada bulan Romadhon, tanpa halangan yang diizinkan Allah atau sakit, maka tidak dapat dibayar sepanjang masa, meskipun dilaksanakannya." (HR. Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi, Ibnu Majah, Baihaqi, dan Ibnu Khuzaimah)

Bulan Romadhon ini memiliki beberapa keistimewaan, antara lain;

  1. Dibukakan pintu-pintu surga, dan ditutuplah pintu-pintu neraka.

    Abu Huroiroh ra. mengabarkan, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Apabila datang bulan Romadhon, maka dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka, serta semua setan dibelenggu. (HR. Muslim). Pertanyaannya adalah kalau benar setan itu dibelenggu selama bulan Romadhon, kenapa masih banyak tindak kejahatan dan kemaksiatan? Al-Qurthubi menyatakan jumlah kejahatan dan kemaksiatan itu berkurang dari orang- orang berpuasa yang benar-benar memelihara syarat dan etika puasa. Sedangkan setan yang dibelenggu itu tidak semuanya, melainkan hanya sebagian, yakni yang ingkar saja. Kalaupun semua setan dibelenggu, bukan berarti tidak akan terjadi kejahatan dan maksiat. Sebab maksiat dan perilaku jahat itu terjadi selain karena godaan setan juga karena nafsu jahat manusia itu sendiri yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitarnya.
  2. Romadhon, bulan penghapusan Dosa. Abu Huroiroh ra. menga­takan, Muhammad Rosulullah sazv. bersabda, "Barang siapa berpuasa bulan Romadhon dengan beriman dan mengharap ridho Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya pada masa lalu". (HR. Bukhori Muslim)
Agar puasa kita diterima oleh Allah SWT, maka kita harus memenuhi syarat rukunnya serta meninggalkan hal-hal yang dapat membatalkan puasa atau yang menghilangkan pahalanya.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Kajian Islam Lainnya
 	 Liwon, Pendekar Gula Kelapa Pantai Barat Pangandaran
Liwon, Pendekar Gula Kelapa Pantai Barat Pangandaran
Selasa, 27 November 2012 06:47 WIB
Angin berhembus kencang dari Pantai Barat Pangandaran. Ombak setengah meter datang silih berganti di pantai yang cukup sohor sampai mancanegara itu. Pohon kelapa tepi Pantai Barat Pangandaran yang pernah dihantam tsunami pada 2006 itu bergoyang kesana kemari seakan ingin segera lari.
Pangandaran Raih Prestasi Laporan Keuangan Berpredikat WTP
Pangandaran Raih Prestasi Laporan Keuangan Berpredikat WTP
Minggu, 04 Juni 2017 08:55 WIB
Pemerintahan Kabupaten Pangandaran memang baru berjalan 4 tahun namun prestasi demi prestasi terus di torehkan, salahsatunya di bidang keuangan meski sebelumnya selalu mendapat predikat atau opini WDP atau wajar dengan pengecualian dan sekarang untuk pertama kalinya Pangandaran mendapat predikat laporan keuangan dengan WTP atau wajar tanpa pengecualian untuk laporan keuangan tahun 2016, artinya laporan keuangan Pangandaran sehat menurut badan pemeriksa keuangan (BPK).
Dapat Promo Tiket Pesawat Murah, Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut Ini
Dapat Promo Tiket Pesawat Murah, Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut Ini
Rabu, 01 Maret 2017 13:54 WIB
​Banyaknya promo tiket pesawat murah yang tersebar di media massa bikin tergiur untuk membeli sekarang juga ya? Ada yang memang beruntung bisa dapat promo dan harganya bisa murah banget. Tapi nggak sedikit juga yang ‘tertipu’ karena jatuhnya sama dengan harga standar
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini