Apa dan Siapa
Abah Enju, Maestro Wayang Golek dan Kisah Golok Ukir Pangandaran

Abah Enju, Maestro Wayang Golek dan Kisah Golok Ukir Pangandaran

Hidup secara sederhana di rumahnya yang terletak persis pinggir sawah di Citumang tepanya di Desa Bojong Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Abah Enju beserta Istrinya tinggal disana. Setiap pagi ditemani secangkir kopi dan sebatang rokok pisau raut mulai menari diatas kayu mengukir kayu kecil menjadi gagang golok nan indah

Perjuangan Abah Enju memulai karirnya sekitar tahun 1978, memang dari sejak kecil Beliau sudah menyukai dunia perwayangan, Dia menceritakan bahwa pada awal karirnya pernah bekerja bersama dalang Yamin untuk membuat gamelan, membuat  wayang  dan akhirnya bisa mendalang sendiri .

Selain membuat wayang dan ukiran gamelan, Abah Enju juga mencoba merambah dunia ukir mebel kayu, sampai suatu saat ada seseorang menyuruh membuatkan sarung  keris dan sampai sekarang ditekuninya.

Keunikan atau ciri khas golok yang dibuat Abah Enju yaitu dari bentuk ukirannya, Abah Enju membuat golok ukiran sesuai pesanan, ukiran gagang golok yang paling banyak diminitai yaitu bentuk kepala singa. Sampai pandai - pandai  golok disekitar Pangandaran biasanya  jika ingin membuat gagang dan sarung golok ukir yang unik datang ke Abah Enju

Untuk membuat gagang dan sarung golok, Abah Enju menggunakan bahan baku dari limbah kayu yang notabenya barang bekas yang sudah tidak terpakai  disulap menjadi barang antik. Bahan yang digunakan untuk membuat  gagang golok dan sarung  biasanya dari kayu caruy, kayu kopi , akar mahoni dan lain-lain.

Selain dengan kayu Abah Enju juga membat gagang golok dari bahan baku tanduk kerbau, tapi karena harga bahan bakunya mahal Abah Enju lebih senang membuat gagang golok dari bahan kayu saja.

Beberapa pejabat di Kabupaten Pangandaran sudah banyak yang jadi pelanggannya karya-karyanya banyak diminati, bahkan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi juga pernah membeli patung buatan Abah Enju.

Abah Enju merasa  bahagia menjalani  kehidupannya seperti ini, Beliau tidak pelit terhadap ilmu yang dimilikinya, bahkan keterampilan mengukirnya sudah diwariskan  kepada kedua anaknya dan beberapa anak yang suka belajar dirumahnya.
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Apa dan Siapa Lainnya
Nana Suryana,Jurnalis Muda Berbakat Dan Kritis
Nana Suryana,Jurnalis Muda Berbakat Dan Kritis
Selasa, 27 September 2011 21:16 WIB
Berawal dari kejenuhan di tempat kerja yang lama Nana Suryana mulai menggeluti dunia jurnalistik, Nana Suryana atau yang akrab dipanggil "Nay" pada dasarnya sudah memiliki basic media yang kuat dalam dirinya, maka dari itu
Mama Ucin, Pimpinan Pesantren Tertua di Pangandaran
Mama Ucin, Pimpinan Pesantren Tertua di Pangandaran
Sabtu, 23 Juli 2016 07:57 WIB
Banyak yang tidak menyangka bahwa Pondok Pesantren Kalangsari telah berdiri cukup lama dan merupakan salah satu Pesantren tertua di Kabupaten Pangandaran yang masih eksis dan maju.
Erry Band, Harumkan Pangandaran Lewat Lagu Soundtrack
Erry Band, Harumkan Pangandaran Lewat Lagu Soundtrack
Sabtu, 29 Juli 2017 14:40 WIB
Anda pasti tau acara Orang Pinggiran yang ada di TransTV, Erry band yang terkenal dengan lagu Mata Hati diacara Orang Pinggiran yang disiarkan oleh salah satu tv suasta yaitu Trans TV, pada hari Sabtu, 29 Juli 2017 dia hadir diacara Sosialisasi Pendidikan dan Keluarga.
Mengenal Lebih Dekat Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana
Mengenal Lebih Dekat Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana
Minggu, 18 September 2011 18:51 WIB
Dodo Taryana pria yang akrab di panggil DT adalah Ketua Balawista Pangandaran, lahir di Pangandaran pada tahun 1969.Pria dengan ciri khas berkumis tebal ini sejak kecil memang sudah bersahabat dengan dunia air.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini