Apa dan Siapa
Mama Ucin, Pimpinan Pesantren Tertua di Pangandaran

Mama Ucin, Pimpinan Pesantren Tertua di Pangandaran

Banyak yang tidak menyangka bahwa Ponpes Kalangsari  telah berdiri cukup lama dan merupakan salah satu Pondok Pesantren tertua di  Kabupaten Pangandaran yang masih eksis dan maju. Tidak sedikit Ulama-ulama dan Kyai-kyai yang memiliki pengaruh besar di masyarakat Kabupaten Pangandaran khususnya  adalah hasil gemblengan dan godogan ilmu agama di Ponpes yang terletak beberapa KM sebelum objek wisata Green Canyon di Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.

Pondok Pesantren Kalangsari didirikan oleh KH. Abdul Madjid atau lebih dikenal dengan sebutan Agan Didi pada tahun 1928 silam, pada tahun 1970 KH. Abdul Madjid wafat dan pimpinan Ponpes Kalangsari di ambil alih oleh KH. Tasdikin sampai dengan tahun 1995. Sepeninggalan KH. Tasdikin Ponpes Kalangsari di percayakan kepada KH. Badrudin sebagai sesepuh dan KH. Muchsin atau yang lebih dikenal sebagai Mama Udin dan Mama Ucin. Pada tahun 2015 KH. Badrudin meninggal dunia dan pimpinan Ponpes Kalangsari secara otomatis di pimpin oleh KH. Muchsin.

Masjid Kalangsari

Masjid Kalangsari, Tempat Santri Melaksanakan Ibadah Sholat dan Kegiatan lainnya. Salah satu masjid tertua di Kabupaten Pangandaran.

KH. Muchsin atau Mama Ucin lahir pada tanggal 10 Mei 1940, beliau adalah salah satu Ulama tertua yang ada di Kabupaten Pangandaran dan Kecamatan Cijulang hususnya. Mama Ucin adalah sosok panutan (sesepuh) bagi para masyarakat di sekitar Kecamatan Cijulang, dan bahkan beliau ditunjuk sebagai penasehat di MUI kecamatan Cijulang karna beliau adalah satu-satunya Ulama yang paling tua dan pantas untuk dijadikan sebagai Sesepuh Cijulang.

Dengan dibantu oleh para Ustadz dan Ustadzah, Mama Ucin yang juga Ayah dari Teh Ninih Mutmainnah istri KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym)  ini di usianya yang sudah cukup tua beliau masih tetap mengajar ngaji (ngawuruk) para santri dan santriwati yang tingkatnya sudah atas atau bisa disebut tingkat Madrasah Aliyah. Karena di Ponpes Kalangsari selain tempat "mondok" terdapat santri yang belajar di sekolah formal dibawah pesantren Kalangsari yaitu tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Selain mengajar ngaji para santri dan santriwati, beliau juga sering memberikan tausyiah kepada masyarakat sekitar pada saat khutbah jum’at. Dalam satu minggu, selalu di adakan “kemisan” atau pengajian mingguan yang memang sudah ada sejak saat didirikannya Pondok Pesantren Kalangsari oleh KH. Abdul Madjid (Agan Didi) yang hingga sekarang masih dilaksanakan dan dipimpin langsung oleh beliau (KH. Muchsin).

Mama Ucin selalin dikenal selalu menerapkan disiplin diantara santri-santrinya, Mama ucin juga dikenal sosok yang sederhana sehingga menjadi panutan santri-santrinya.  Dengan semakin majunya Ponpes Kalangsari saat ini, Beliau (KH. Muchsin) berharap agar tidak menghilangkan apa yang sudah menjadi tradisi seorang santri di Pondok pesantren seperti, mengaji kitab kuning (ngalogat) dan sebagainya. 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Apa dan Siapa Lainnya
Anna Jannati Primadona MNCTV
Anna Jannati Primadona MNCTV
Kamis, 25 Februari 2016 09:34 WIB
Anna Jannati asli kelahiran Kab. Pangandaran yang lahir pada Tanggal 3 Agustus 1987 ini sedang mengikuti audisi Primadona MNCTV yang ditayangkan setiap senin malam di MNC TV .
Kaswan Hermawan, Pemuda Penggerak Entrepreneurship di Padaherang Pangandaran
Kaswan Hermawan, Pemuda Penggerak Entrepreneurship di Padaherang Pangandaran
Rabu, 08 November 2017 16:11 WIB
Nama Kaswan Hermawan tentu tidak asing langi bagi warga kecamatan Padaherang, apalagi yang pernah mengeyam pendidikan di SMKN 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Sosok pemuda penuh semangat ini sangat identik dengan dunia entrepreneurship khususnya di Padaherang.
Prof Turmudi, Tukang Nderes menjadi Profesor
Prof Turmudi, Tukang Nderes menjadi Profesor
Minggu, 14 Maret 2021 06:26 WIB
Siapa orang Pangandaran yang tidak mengenal sosok yang satu ini. Saat duduk di Bangku SMA, selain merangkap sebagai Tata Usaha di salah satu SMP di Pangandaran, ia juga bekerja sebagai tukang Nderes, alias menyadap Nira kelapa. Namanya Prof Turmudi, Siapakah dia?
Mengenal Lebih Dekat Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana
Mengenal Lebih Dekat Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana
Minggu, 18 September 2011 18:51 WIB
Dodo Taryana pria yang akrab di panggil DT adalah Ketua Balawista Pangandaran, lahir di Pangandaran pada tahun 1969.Pria dengan ciri khas berkumis tebal ini sejak kecil memang sudah bersahabat dengan dunia air.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini